Cara Mengatasi Pori-pori Kulit Wajah yang Membesar


Pori-pori yang besar biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Pertama karena faktor genetik atau keturunan, dan faktor kedua karena kulit yang berminyak dan berjerawat. Sisa dari jerawat tersebut kemudian membentuk pori-pori yang besar.

Pori-pori yang besar ini tidak bisa dihilangkan kecuali dengan operasi. Akan tetapi, kehadirannya dapat diminimalisasi atau dikurangi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori yang sudah terlanjur membesar ini.

Pertama, bersihkanlah wajah secara teratur, terutama sehabis beraktivitas di luar ruangan. Karena kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori dapat membuat pori menjadi semakin besar.

Kedua, jika kulit Anda berminyak dan berjerawat, lakukanlah peeling, scrubbing dan facial secara teratur. Gunakanlah kosmetik secara tidak berlebihan hingga kondisi pori mengecil. Kunjungi dokter atau ahli kecantikan yang dapat membantu Anda untuk melakukan semua itu.

Ketiga, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu jerawat (jika kondisi kulit wajah Anda berjerawat dan berminyak).