Cara Alami Mengatasi dan Mengobati Jerawat


Jerawat memang jadi momok bagi setiap orang, terutama kaum wanita. Tapi mulai sekarang, Anda tak perlu khawatir lagi karena ada tips yang bisa Anda lakukan untuk mengusir jerawat dari wajah Anda.

Pertama, jika jerawat Anda bandel, atau sejenis jerawat batu, kecil tapi susah hilang, segera ambil rumput teki, ambil umbinya, kurang lebih segenggaman. Bersihkan umbinya dari akar-akar yang kasar itu, juga buang kulit luarnya, meski tak usah terlalu bersih, kemudian rebus. Setelah itu, jemurlah umbi itu sampai kering betul.

Kemudian tumbuklah umbi teki itu sampai menjadi tepung, dan jadikan bahan dasar untuk membuat bedak. Atau, Anda boleh menjadikannya sebagai masker bersama bedak yang lain. 

Kedua, jika jerawat Anda sangat parah, sampai bernanah dan berminyak, segera cari daun asam Jawa muda, ambil dua genggaman, lalu lumatkan sampai menyerupai bubur. Peraskan sedikit jeruk nipis di atas bubur daun asam Jawa muda itu, lalu aduk sampai merata. Kemudian lumurkan ke wajah Anda sebagai masker. Lakukan sebelum tidur, dan pakailah masker itu selama tidur.

Jika kedua cara itu Anda lakukan dengan teratur selama seminggu saja, jerawat Anda pun akan segera hilang dan wajah Anda akan bersih, berseri dan halus mulus lagi.

Memberantas jerawat dengan benar

Jerawat selalu mendatangkan krisis pede pada penderitanya. Meski berbagai merek obat-obatan sudah dicoba, kadang jerawat tetap saja bandel di wajah. Nah, siapapun yang saat ini sedang pusing memikirkan jerawat di wajahnya, ada baiknya menyimak tips yang berikut ini.

Agar jerawat segera menyingkir dari wajah, jangan malas untuk membersihkan muka sesudah melakukan aktivitas dan sebelum tidur.

Basuhlah muka dengan air hangat setelah dibersihkan.

Jangan memakai kosmetik yang mengandung minyak, karena bisa merangsang munculnya jerawat.

Gunakan obat jerawat sesuai dengan anjuran dokter dan sesuai aturan pakainya. Jangan memakai sembarang obat jerawat, karena kalau tidak cocok bisa fatal akibatnya.

Pakailah kosmetik khusus untuk kulit berjerawat, misalnya sunscreen, karena jerawat sebaiknya tidak terkena sinar matahari. 

Rajin-rajinlah memakai masker wajah untuk kulit berjerawat.

Yang paling penting, jaga kebersihan, khususnya kebersihan wajah, karena jerawat tidak suka mampir di tempat bersih.