Buat yang Suka Olahraga Lari, Ini 7 Makanan yang Tepat untuk Dikonsumsi


Olahraga lari termasuk olahraga murah sekaligus mudah, namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Olahraga lari bisa membakar kalori, menguatkan kaki, merampingkan tubuh, dan lain-lain. Karenanya, banyak orang yang membiasakan diri untuk berolahraga lari setiap hari.

Jika Anda termasuk orang yang menyukai olahraga lari, yang perlu disiapkan tidak hanya sepatu lari dan pakaian yang tepat, tetapi juga nutrisi yang tepat. Pelari membutuhkan nutrisi spesial untuk menambah tenaga serta memperbaiki otot. Berikut ini beberapa makanan yang dianggap makanan-makanan terbaik untuk pelari.

Roti dan selai kacang

Jika Anda suka olahraga lari di pagi hari, maka roti dan selai kacang bisa menjadi sumber energi yang tepat sebelum keluar rumah. Nancy Clark, penulis buku Food Guide for Marathoners, menyatakan, “Perut Anda sudah kosong selama beberapa jam sejak makan malam terakhir. Maka energi di tubuh sangat rendah. Menyantap kudapan senilai 100-300 kalori sebelum berlari akan memberikan energi.” 

Seiris roti gandum utuh yang diolesi selai kacang (240 kalori, 9 gram lemak, 7 gram protein) cocok untuk sarapan Anda sebelum mulai berlari.

Pisang

Pisang adalah buah yang kaya kandungan potasium atau kalium, yang ampuh memperbaiki tekanan darah dan mengurangi risiko terserang stroke. Sebagai makanan sebelum mulai berlari, Anda bisa mencampur 1 buah pisang ukuran sedang, 1 sendok makan selai kacang, dan 283 gram susu skim, lalu semuanya diblender hingga halus.

Buah beri

Pada waktu berlari, kaki akan menghentak jalanan dengan keras. Seusai berlari, Anda kadang merasakan sakit. Sakit itu bisa terjadi karena otot-otot kaki yang “terkejut”, khususnya jika Anda mulai baru berlari, atau bisa pula karena cedera dalam ukuran sangat kecil.  

Untuk mengatasi hal semacam itu, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis buah beri, seperti stroberi, bluberi, dan lainnya. Buah-buah beri mengandung banyak serat, vitamin C, dan potasium, yang membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak.

Brokoli

Brokoli baik dikonsumsi untuk semua orang, lebih baik lagi dikonsumsi oleh para pelari. Brokoli mengandung vitamin C, potasium, serat, serta zat lainnya, yang akan membantu meningkatkan energi dan kesehatan Anda.
    
Yoghurt rendah lemak

Olahraga lari, atau angkat berat, memang bermanfaat dalam meningkatkan kepadatan tulang. Namun, kalsium tetap memilki peran penting dalam menjaga kepadatan tulang tersebut.

Tidak sedikit pelari yang kurang mencukupi kebutuhan kalsium hariannya. Padahal, Anda bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan, seperti secangkir yoghurt yang mengandung 1/3 kebutuhan kalsium harian, serta memiliki protein yang sangat baik untuk otot.
    
Daging sapi tanpa lemak

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan orang mengalami keletihan. Hal itu tentu tidak bagus untuk pelari yang terbiasa menghabiskan banyak energi. Untuk mengatasi kemungkinan kekurangan zat besi, Anda bisa mengonsumsi daging sapi.

Selain memiliki kadar protein berkualitas, daging sapi juga merupakan sumber zat besi yang baik. Namun, jika Anda vegetarian, Anda bisa mencoba kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran hijau, serta sereal yang diberi tambahan zat besi.
    
Ikan salmon

Daging ikan salmon mengandung sumber protein serta lemak omega-3 yang baik untuk jantung. Mengonsumsi salmon bisa mencegah peradangan yang terjadi dalam tubuh. Hasilnya, Anda pun terlindungi dari berbagai penyakit.