Berapa Tahun Umur Nabi Adam Hidup di Dunia? Ini Penjelasannya


Tidak mungkin mengetahui berapa lama usia hidup semua Nabi. Karena Allah SWT memang tidak memberi tahu kita ihwal umur dari setiap Nabi yang Dia utus.

"Dan, ada beberapa rasul yang telah Kami kisahkan mereka kepadamu sebelumnya dan ada beberapa rasul (lain) yang tidak Kami kisahkan mereka kepadamu. Dan, kepada Musa, Allah berfirman langsung." (QS an-Nisa 164). 

Adapun para Nabi dan Rasul yang disebutkan dalam Alquran, jumlahnya 25. Soal berapa lama kehidupan mereka, termasuk usia hidup mereka, sering kali merujuk pada ahli kitab, khususnya kalangan Bani Israel.

Usia hidup mereka memang tidak disebutkan dalam nas syar'i Alquran dan sunnah, kecuali yang disebutkan di dalam Shahih Bukhari tentang usia Nabi Muhammad SAW.

Namun, banyak intelektual Muslim dan sejarawan yang mengulas dalam buku mereka soal usia para nabi. Salah satunya, sebagaimana yang akan dibahas kali ini, adalah Nabi Adam terkait berapa lama beliau hidup. 

Wahab bin Munabbih mengatakan, periode Nabi Adam AS hidup adalah seribu tahun. Sedangkan, Ibnu Qutaibah al-Dainuri dalam kitab berjudul al-Ma'arif, menyampaikan bahwa ada pendapat yang menyebut periode hidup Nabi Adam adalah 930 tahun. Hal ini sebagaimana tertulis di dalam Taurat. Sedangkan, Ibnu Qutaibah berpendapat, usia hidup Nabi Adam adalah 960 tahun. 

Selain itu, Adam sebetulnya adalah nama yang bersifat kearaban dan bukan nama yang asing. Nama ini pun dilarang untuk di-tashrif. Kulit Nabi Adam cokelat yang konon diciptakan dari permukaan Bumi. Allah SWT menyebut Adam dalam Alquran sebanyak 27 kali. Dan, Nabi Adam disebut juga sebagai bapak umat manusia. 

Allah SWT menciptakan Adam dengan tangan dan mengembuskan ruh ke dalamnya pada Jumat dan diambil dari Surga pun pada hari yang sama. Dalam hadits Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baiknya hari di mana matahari terbit saat itu adalah hari Jumat. Pada hari itulah Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan, hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat."