Benarkah Buah Maja Dapat Mengembalikan Keperawanan?


Buah maja mungkin tidak sepopuler buah-buahan lain, meski buah ini memiliki kaitan dengan legenda Majapahit. Konon, Raden Wijaya, sang pendiri kerajaan, menerima sebidang tanah di daerah Tarik (sekarang di selatan Surabaya). 

Sewaktu membangun daerah itu, ada prajuritnya yang memakan buah maja. Karena kebetulan yang dimakan buah yang masih mentah, buah itu pun terasa pahit. Dari situlah kemudian asal usul nama Majapahit.

Meski maja terkenal pahit, tapi sebenarnya buah ini memiliki rasa manis. Selain itu, buah maja juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain mengandung khasiat bagi kesehatan, buah maja juga memiliki manfaat dalam bidang lain, di antaranya untuk pertanian. Di bidang pertanian, buah maja bisa dijadikan pestisida organik atau pupuk organik (kompos).

Sebagai contoh, jika ingin menggunakan buah maja sebagai pestisida organik pada tanaman padi, buah maja bisa dicacah dan disebar di area yang sedang diolah. Cincangan buah maja tersebut dapat mengusir hama perusak akar padi, seperti belalang, kumbang, kepik, ataupun ulat.

Buah maja juga bisa dijadikan pestisida semprot. Caranya, buah maja yang sudah matang dicincang atau diremas sampai halus, kemudian dimasukkan ke dalam air bersih, dengan perbandingan 1 liter per satu buah maja, lalu diaduk-aduk sampai benar-benar tercampur rata. Setelah itu, lakukan fermentasi dalam ember tertutup rapat selama 12 jam.

Setelah 12 jam, pestisida siap digunakan. Tapi jangan lupa disaring terlebih dulu, agar mudah dalam penyemrotan. Bisa pula ditambah deterjen secukupnya, agar khasiat pestisida maja bisa lebih baik.

Di luar manfaat untuk pertanian, buah maja juga memiliki khasiat dalam kesehatan. Untuk mengatasi mencret, misalnya, Anda bisa mengambil 4 gr buah maja, dan direbus dalam 110 ml air, lalu diminum sehari sekali.

Untuk mengatasi biang keringat, Anda bisa mengambil daun maja kering secukupnya, kunyit, dan beras, semua dalam jumlah secukupnya. Setelah itu, campur semua bahan dan dibiarkan sampai kering, lalu ditumbuk halus sampai menyerupai bedak tabur. Gunakan bubuk tersebut untuk mengatasi biang keringat.

Menyangkut buah maja, yang paling terkenal adalah khasiatnya dalam mengembalikan keperawanan wanita. Memang tidak ada bukti meyakinkan kalau buah maja dapat mengembalikan keperawanan. Meski begitu, banyak orang yang mempercayai hal tersebut, dan banyak pula yang mencoba menggunakan resep buah maja untuk mengembalikan keperawanan.

Jika Anda juga ingin mencobanya, Anda bisa menyiapkan buah maja, 1 butir telur ayam kampung, kayu cendana, minyak wijen, dan kunyit.

Pertama-tama, haluskan kayu cendana, buah maja, serta kunyit. Setelah benar-benar halus, tambahkan minyak wijen dan telur ayam kampung. Minumlah ramuan tersebut sehari sekali, selama kurang lebih seminggu. Cara itu dipercaya dapat mengembalikan keperawanan.