Begini Cara yang Tepat Mencuci dan Mengeringkan Rambut


Meski banyak wanita yang sudah sering mencuci rambutnya, tapi mungkin masih cukup banyak yang belum tahu bagaimana cara yang tepat dalam mencuci rambut. 

Secara garis besar, ada dua langkah dalam mencuci rambut yang benar, yaitu pembersihan awal, dan perawatan. Berikut ini langkah-langkah yang tepat dalam mencuci rambut Anda.

Pertama, lakukan cucian pembersihan awal. Untuk hal ini, silakan ikuti langkah berikut:
  • Gunakan shampo sedikit saja, sekitar setengah sendok teh, atau disesuaikan dengan volume rambut Anda.
  • Cucilah rambut secara merata, tidak perlu ragu kalau harus “mengaduk” rambut Anda.
  • Karena menggunakan shampo dalam jumlah sedikit, tidak perlu khawatir kalau busanya sedikit.
  • Setelah itu, bilaslah sampai bersih.

Langkah pertama di atas bertujuan untuk membuang kotoran-kotoran berat pada rambut, sehingga pada langkah berikutnya, nutrisi shampo yang Anda gunakan akan dapat bekerja secara lebih baik dan lebih efektif. Setelah pembersihan awal sebagaimana di atas selesai dilakukan, Anda bisa mulai melakukan cucian yang bertujuan untuk perawatan rambut.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah dalam mencuci rambut untuk perawatan:

Gunakan shampo dalam takaran lebih banyak, misalnya satu sendok teh, atau disesuaikan dengan volume rambut Anda.
  • Sekali lagi, cucilah rambut secara merata.
  • Usahakan agar kulit kepala Anda terkena shampo juga.
  • Setelah diperoleh busa yang cukup banyak, diamkanlah selama dua sampai tiga menit, agar nutrisi shampo yang Anda gunakan dapat meresap masuk ke kulit kepala, dan melapisi helai-helai rambut dengan baik.
  • Setelah itu, bilaslah sampai benar-benar bersih.

Membilas rambut sampai sebersih-bersihnya di akhir langkah pertama dan langkah kedua sangat penting. Karena jika pembilasan tidak sempurna, maka busa shampo akan ada yang tertinggal, dan hal ini akan menimbulkan iritasi pada kulit kepala. 

Sebagai hasilnya, ketombe akan muncul pada kulit kepala, sebagai sarana alami kulit kepala dalam melindungi dirinya dari iritasi—yaitu dengan melepaskan lapisan terluar yang terkena zat pengiritasi tersebut.

Pada waktu Anda melakukan pencucian rambut yang benar sesuai yang disarankan di atas, mungkin Anda akan merasakan kulit kepala agak panas. Rasa panas tersebut timbul karena shampo sedang bekerja dengan lebih efektif.

Mengeringkan rambut dengan benar

Sebenarnya, hair dryer atau yang biasa disebut “alat pengering rambut” tidak ditujukan untuk mengeringkan rambut yang basah, melainkan ditujukan untuk menghilangkan kelembapan rambut. Karenanya, jangan mengeringkan rambut yang sangat basah dengan hair dryer. 

Cara benar untuk mengeringkan rambut yang masih basah adalah dengan menggunakan handuk. Biarkan terlebih dulu sebagian besar air diserap oleh handuk tersebut. Setelah itu, Anda bisa mulai menggunakan hair dryer untuk menghilangkan kelembapan rambut Anda, meski untuk itu Anda harus mengeset pada mode panas yang rendah, untuk mencegah pecahnya helai-helai rambut.

Mengeringkan rambut basah secara langsung dengan menggunakan hair dryer berpotensi meninggalkan molekul-molekul shampo pada kulit kepala dan rambut, dan hal ini bisa menimbulkan iritasi yang kemudian menghasilkan ketombe.

Catatan untuk rambut Berminyak

Jika rambut Anda tergolong berminyak, hindari menggunakan gel atau minyak rambut. Menambahkan gel atau minyak rambut pada rambut berminyak akan menyebabkan folikel rambut tersumbat. Hal ini akan mengakibatkan iritasi, dan akhirnya menyebabkan munculnya ketombe.