Bagus untuk Kesehatan, 5 Makanan Ini Mengandung Magnesium Tinggi


Magnesium adalah salah satu jenis mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Hampir semua fungsi dan jaringan di dalam tubuh membutuhkan magnesium, karena mineral tersebut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan yang dapat menyebabkan kanker, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Studi yang dilakukan di Harvard University bahkan menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi juga dapat mencegah diabetes hingga 33 persen. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung magnesium tinggi, yang perlu sering kita konsumsi.

Biji-bijian

Mengonsumsi secangkir biji-bijian mampu memenuhi 100 persen kebutuhan magnesium harian Anda. Salah satu jenis biji-bijian yang paling kaya magnesium adalah biji bunga matahari.

Sayuran berdaun hijau

Tidak jauh beda dengan biji-bijian, sayuran hijau merupakan sumber utama magnesium, karenanya makanan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Ikan

Selain mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, ikan juga mengandung banyak magnesium. Menambahkan ikan ke dalam menu harian Anda bisa membantu kesehatan.

Kacang kedelai

Sama seperti biji-bijian, kacang-kacangan juga mengandung magnesium yang tinggi, serat, dan asam amino.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung banyak senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh, dan salah satu kandungannya adalah magnesium. Magnesium dalam alpukat bisa membantu kesehatan jantung Anda.