Apa Perbedaan Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar?


Seiring canggihnya peralatan modern, saat ini alat masak atau perabotan dapur pun kian modern. Kalau dulu orang menanak nasi menggunakan panci dan dandang serta mengandalkan kompor, kini orang bisa menanak nasi dengan alat elektronik yang mengandalkan energi listrik. Di antara alat elektronik yang kini banyak dijumpai di rumah tangga adalah Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar.

Mungkin sebagian kita pernah bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan antara Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com? 

Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com adalah tiga jenis alat listrik rumah tangga yang umum digunakan untuk mempermudah pekerjaan masak-memasak di rumah, khususnya untuk keperluan memasak dan menghangatkan nasi sehari-hari.

Mungkin selama ini kita sering beranggapan bahwa ketiga alat listrik tersebut memiliki fungsi yang sama, ditambah lagi karena bentuk dan penggunaannya yang hampir sama. Bahkan tak jarang kita sering menyebut ketiga alat listrik tersebut dengan sebutan Rice Cooker, atau ada juga yang terkadang menyebut Magic Jar dengan sebutan Magic Com.

Lalu apakah Rice Cooker, Magic Jar dan Magic Com memiliki perbedaan? Dan apa sebenarnya perbedaan antara Rice Cooker, Magic Com dan Magic Jar?

Perbedaan paling mendasar antara Rice Cooker, Magic Com dan Magic Jar adalah: Rice Cooker dan Magic Com adalah alat listrik rumah tangga yang sama-sama dapat digunakan untuk memasak atau menanak nasi. Magic Jar adalah alat listrik yang hanya berfungsi untuk menghangatkan nasi (keep warm), dan tidak dapat digunakan untuk memasak atau menanak Nasi.

Rice Cooker adalah produk yang pertama kali dikenal di pasaran sebelum adanya Magic Jar dan Magic Com. Saat pertama kali diproduksi, Rice Cooker memang hanya berfungsi sebagai alat untuk memasak atau menanak nasi. 

Namun, seiring perkembangan produksinya, Rice Cooker saat ini tak hanya berfungsi untuk memasak atau menanak nasi, tapi juga memiliki berbagai fungsi lain; dapat digunakan untuk menghangatkan nasi (keep warm), untuk mengukus, menghangatkan lauk, dan beberapa fungsi lainnya.

Jadi, jika beberapa orang menganggap Rice Cooker hanya bisa digunakan untuk memasak nasi, dan tak bisa digunakan untuk menghangatkan nasi, anggapan ini kurang tepat karena produk Rice Cooker saat ini sudah memiliki berbagai fungsi selain untuk menanak nasi.

Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa perbedaan Rice Cooker dan Magic Com adalah pada bahan lapisan panci. Panci dalam Rice Cooker tidak antilengket, sedangkan panci yang ada pada Magic Com memiliki lapisan antilengket.

Awalnya, anggapan ini memang benar. Namun, saat ini Rice Cooker keluaran baru sudah dilengkapi panci yang dilapisi bahan antilengket.

Magic Jar

Magic Jar adalah alat listrik yang digunakan hanya untuk menghangatkan nasi atau menjaga nasi agar tetap hangat (keep warm).

Saat Rice cooker pertama kali diproduksi, dan hanya dapat digunakan untuk memasak atau menanak nasi, selanjutnya muncul alat yang hanya dapat digunakan untuk menghangatkan nasi, dan alat ini disebut Magic Jar.

Magic com

Magic Com adalah alat listrik rumah tangga yang dapat digunakan untuk memasak nasi, memanaskan nasi, lauk dan sayur, mengukus, merebus, bahkan ada yang dapat digunakan untuk membuat kue.

Jika awalnya Rice Cooker diproduksi hanya untuk memasak atau menanak nasi, Magic Com sejak awal sudah memiliki berbagai fungsi selain untuk memasak atau menanak nasi.

Lalu apa bedanya Rice Cooker dan Magic Com?

Perbedaan Rice Cooker dan Magic Com saat ini adalah, jika Rice Cooker dapat menghangatkan nasi dalam waktu 24 jam, Magic com dapat menjaga nasi tetap hangat dalam waktu lebih lama, sekitar 48 jam. Magic Com juga memiliki fungsi tambahan yang lebih baik dibandingkan Rice Cooker. Karena itulah biasanya harga Magic Com relatif lebih mahal dibanding Rice Cooker dan Magic Jar.