Aneka Manfaat Durian, Sumber Energi sampai Meningkatkan Kemampuan Otak (Bagian 3)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Durian, Sumber Energi sampai Meningkatkan Kemampuan Otak - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mencegah kanker dan meningkatkan imunitas

Vitamin C dalam durian berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Antioksidan dibutuhkan untuk mengurangi tekanan oksidatif yang dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker. Vitamin C juga diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, durian juga mengandung fitonutrien lain yang jumlahnya berbeda di setiap tahap pematangan buah. Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal European Journal of Investigative Medicine, disebutkan bahwa durian yang telah matang mengandung quercetin, asam kafeat, dan antosianin dalam kadar lebih tinggi dibandingkan ketika belum masak. 

Sementara durian yang terlalu masak memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang lebih tinggi. Berdasarkan kenyataan ini, mengonsumsi durian yang telah masak atau matang lebih baik, daripada mengonsumsi durian yang masih muda atau masih mentah. 

Menjaga kesehatan tulang

Durian memang hanya memiliki sedikit kalsium, tapi mengandung banyak mineral penting seperti magnesium, potasium, mangan, dan tembaga. Semua mineral tersebut memiliki peran penting dalam mempertahankan kekuatan dan ketahanan tulang. 

Selain itu, distribusi dan deposisi kalsium dalam tulang kita diatur oleh potasium. Mengasup potasium, salah satunya lewat durian, membantu kinerja kalsium dalam tubuh kita menjadi lebih baik.

Mencegah anemia

Kandungan asam folat yang tinggi dalam durian dibutuhkan dalam produksi hemoglobin dalam tubuh. Asam folat durian bahkan termasuk yang tertinggi di antara buah tropis lainnya. 

Asam folat akan menstimulasi produksi darah dalam tubuh, yang meningkatkan kemampuan tubuh dan efektifitas distribusi oksigen. Selain itu, zat besi dan tembaga dalam durian juga membantu produksi dan pembentukan hemoglobin, serta mencegah anemia.

Menurunkan berat badan

Durian kaya serat pangan, juga kaya vitamin dan mineral dengan komposisi lengkap. Selain itu, durian memiliki kandungan air yang tinggi, kaya lemak sehat yang baik untuk tubuh, serta merupakan sumber energi instan yang dapat membantu Anda aktif dan berenergi sepanjang hari.

Semua kualitas itu menjadikan durian dapat dikonsumsi Anda yang ingin menurunkan berat badan, karena membantu Anda untuk tetap merasa kenyang dan tak mudah lapar. Meski begitu, Anda juga harus hati-hati dengan kandungan kalori yang terdapat dalam durian. 

Kandungan kalori yang tinggi pada buah tersebut juga dapat meningkatkan berat badan. Karenanya, konsumsilah durian dalam jumlah secukupnya, atau tidak terlalu berlebihan.

Menghangatkan tubuh

Sudah sejak lama durian dianggap sebagai makanan yang dapat membantu menghangatkan tubuh. Belum diketahui senyawa apa yang memungkinkan hal itu. Yang jelas, dalam penelitian yang pernah dilakukan, mengonsumsi durian memang dapat meningkatkan suhu tubuh, meski tidak terlalu signifikan.

Afrodisiak alami

Kenyataan ini juga telah dipercaya sejak lama, bahwa mengonsumsi durian dapat meningkatkan libido. Kenyataan itu ditegaskan oleh sebuah penelitian pada 2009 yang diterbitkan di Journal of Pharmacy Research. Penelitian itu melakukan uji coba dengan memberikan ekstrak durian pada tikus percobaan. 

Hasilnya, tikus yang diberi ekstrak durian selama beberapa periode mengalami peningkatan libido dan jumlah sperma, dibandingkan tikus yang tidak diberi ekstrak durian. Para peneliti menduga, efek tesebut disebabkan oleh konsentrasi glikosit, saponin, flavanoid, dan sterol, yang terdapat dalam durian.

Mencegah penuaan dini

Durian memiliki kandungan vitamin C yang merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit, sekaligus berperan dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

Mencegah depresi

Durian mengandung vitamin B6 yang dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Serotonin adalah hormon penting yang membuat suasana hati Anda lebih baik, sehingga dapat mencegah atau mengurangi stres dan depresi.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Durian, Sumber Energi sampai Meningkatkan Kemampuan Otak (Bagian 4)