Aneka Manfaat Durian, Sumber Energi sampai Meningkatkan Kemampuan Otak (Bagian 2)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Durian, Sumber Energi sampai Meningkatkan Kesehatan Otak - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Kalium

Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah, yang juga berfungsi dalam menjaga kadar natrium, dan membantu mengatur detak jantung. Durian memiliki banyak kandungan zat tersebut.

Triptopan

Durian mengandung triptopan, zat yang dikenal sebagai obat tidur alami. Triptopan bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter, dan dapat membantu memudahkan tidur. 

Tiamin

Durian mengandung sekitar 30% tiamin dari asupan harian yang direkomendasikan. Zat tiamin berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh untuk berubah menjadi energi, dan membantu kesehatan otot serta kesehatan saraf.

Folat

Folat atau asam folat dapat membantu mencegah penyakit jantung, membantu perkembangan janin, bahkan membantu fungsi otak agar berfungsi dengan benar. Durian mengandung folat, setidaknya 20 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Menjauhkan penyakit-penyakit berat 

Dalam penelitian di Ohio State University, disebutkan bahwa zat phytonutrient pada buah durian memiliki kemampuan dalam mematikan zat penyebab gejala kanker, gejala penyakit diabetes, dan menurunkan risiko gejala penyakit jantung. Vitamin C dalam durian memiliki kadar tertinggi dibandingkan buah lain, yaitu sektar 200 mg/100 gr buah.

Mengatasi tumor dan kanker

Penelitian di Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo, menunjukkan bahwa durian mengandung zat phytosterol yang berguna dalam memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sumber energi

Dalam sekitar 100 gram daging buah durian terdapat 147 kalori, yang termasuk tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Selain itu, gula alami dalam durian, seperti fruktosa dan sukrosa, mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat mengembalikan energi dengan cepat. Durian juga kaya potasium, sehingga mampu membantu mengurangi rasa lelah.

Semua kualitas tersebut menjadikan durian cocok untuk dikonsumsi atlet atau orang-orang yang membutuhkan ketersediaan energi tinggi. Namun, jika Anda tidak termasuk golongan tersebut, sebaiknya batasi konsumsi durian karena dapat membuat berat badan Anda melonjak.

Melancarkan pencernaan

Serat pangan yang terkandung dalam durian membantu melindungi membran mukosa usus dari paparan racun, dan mengikat senyawa kimia penyebab kanker. Serat pangan juga bermanfaat untuk merangsang gerakan peristaltik usus serta sekresi cairan lambung, sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Mengontrol tekanan darah

Durian mengandung potasium dalam jumlah tinggi, dan sodium dalam jumlah sedang. Potasium memiliki peran terhadap gerakan otot di seluruh tubuh, termasuk jantung. 

Potasium mengatur detak jantung, dan memastikan aliran darah ke sistem lain selalu lancar. Potasium juga diperlukan untuk mengontrol kadar sodium dalam darah (sodium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi).

Dengan mencukupi kebutuhan potasium, tekanan pada pembuluh darah akan berkurang, sehingga risiko serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis dapat diturunkan.

Menyehatkan sistem kardiovaskular

Durian mengandung lemak tunggal tak jenuh yang sehat bagi jantung, dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, serat pangan dalam durian juga membantu mengurangi dan mengeluarkan kolesterol LDL dari dalam tubuh, sebelum membentuk plak pada arteri.

Mengatasi insomnia

Durian mengandung triptopan, senyawa asam amino yang dapat merangsang rasa kantuk secara alami. Triptopan yang memasuki otak diubah menjadi serotonin oleh tubuh, serta menimbulkan rasa rileks dan senang. 

Kelebihan serotonin kemudian melepaskan melatonin ke aliran darah, dan membuat tubuh merasa mengantuk. Banyak penelitian menemukan bahwa triptopan efektif dalam mengatasi stres, depresi, hingga masalah kecemasan.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Durian, Sumber Energi sampai Meningkatkan Kemampuan Otak (Bagian 3)