Aneka Manfaat Buah Erbis, Menyehatkan Usus sampai Membantu Diet


Buah erbis termasuk salah satu jenis buah markisa, meski memiliki bentuk yang lebih besar dan lebih lonjong dibanding jenis buah markisa lain.

Tanaman erbis adalah jenis tanaman merambat yang dapat tumbuh subur dengan banyak daun serta buah. Batang tanaman erbis mulai menyebar pada usia satu sampai dua bulan. Setelah itu, tanaman ini memerlukan rambatan dari kawat dengan susunan berlainan. 

Daun tanaman erbis akan merambat dengan cepat, karena memiliki banyak sulur yang dapat beralih menjadi cabang yang semakin besar. Daun tanaman erbis memiliki bentuk seperti tiga jari, namun ada pula yang tidak berkembang. Bakal buah terbentuk dari bunga yang berkembang dengan baik. 

Tanaman erbis bisa tumbuh subur di dataran rendah. Tanaman erbis juga tidak membutuhkan banyak air, sehingga lebih suka tumbuh pada tempat yang lebih kering. Penyebaran tanaman erbis bisa dilakukan dengan menyemaikan benih, kemudian memindahkan ke lahan yang sesuai. 

Buah erbis memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan. Buah ini bisa dikonsumsi sebagai buah segar, maupun diolah menjadi jus. Selain itu, buah erbis juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah erbis:
  • Energi: 72 kkal
  • Protein: 0,5 gr
  • Karbohidrat: 19 gr
  • Kalsium: 10 mg
  • Fosfor: 50 mg
  • Zat besi: 1 mg
  • Vitamin A: 10 IU
  • Vitamin C: 16 mg

Berikut ini uraian mengenai manfaat buah erbis dalam menunjang kesehatan, dan mengatasi aneka masalah kesehatan.

Melindungi kesehatan jantung

Buah erbis mengandung polifenol yang membantu melindungi kesehatan jantung.  Senyawa polifenol dapat mengatur agar pembuluh darah selalu dalam keadaan santai (tidak tegang atau stres), serta dapat mengatasi kerusakan yang mungkin terjadi pada sistem pembuluh darah. 

Karena hal itu, polifenol dalam buah erbis secara tak langsung juga melindungi kesehatan jantung.

Menjauhkan kanker

Senyawa alkaloid serta antioksidan tinggi yang terkandung dalam buah erbis dapat membantu menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker. 

Buah erbis juga memiliki kandungan fitokimia seperti karotenoid serta polifenol, yang dapat mencegah timbulnya sel kanker. Kemudian, asam linoleat, oleat, palmitat, serta strearat, yang terkandung dalam buah erbis dapat menghindarkan kemungkinan terjadinya kanker payudara.

Selain itu, buah erbis juga membantu mengatasi berbagai jenis pertumbuhan jamur dalam tubuh, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Melindungi kesehatan usus

Dalam setiap 100 gram buah erbis terdapat sekitar 64 gram serat larut, yang baik dalam membantu kesehatan usus. Serat larut yang terkandung di dalam buah erbis sangat baik dalam meningkatkan proses amilase usus, yaitu proses yang bisa membantu mengubah gula kompleks dari makanan menjadi gula sederhana yang bisa langsung masuk ke sistem pencernaan. 

Serat juga menurunkan kadar pH dan amoniak pada usus, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

Selain itu, kandungan serat dalam buah erbis juga dapat membantu mengatasi masalah ketidakseimbangan bakteri dalam usus, dan mencegah kemungkinan timbulnya tumor atau kanker usus besar. Serat juga baik untuk mencegah sembelit dan wasir.

Mengatasi asma

Buah erbis mengandung senyawa flavonoid yang bisa menjadi antihistamin alami dalam mencegah sakit dan sesak napas pada penderita asma. Selain itu, buah erbis juga bisa mengatasi alergi dan demam pada penderita asma.

Mengatasi masalah tidur

Masalah atau gangguan tidur, semisal insomnia, tidak bisa dibiarkan belarut-larut, karena dapat menimbulkan berbagai masalah lain terkait kesehatan. Hal itu terjadi, karena kurang tidur menjadikan tubuh kurang istirahat, sehingga tidak mampu memperbarui diri. 

Buah erbis bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah semacam itu, karena memiliki efek yang menenangkan. Jika Anda kebetulan menderita masalah tidur semisal insomnia, Anda bisa mengonsumsi buah erbis sebagai sara penyembuhan alami.

Mengatasi anemia

Anemia adalah masalah yang disebabkan kurangnya kandungan hemoglobin dalam darah. Anemia banyak menyerang wanita dan remaja yang sudah mengalami siklus menstruasi. Jika anemia tidak diobati, bisa menyebabkan penderita kehilangan masa-masa produktif karena anemia bisa menyebabkan tubuh lebih lemah.

Kandungan zat besi dan fosfor dalam buah erbis bisa digunakan untuk mengatasi masalah anemia, karena dapat meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah. Karenanya, mengonsumsi buah erbis secara rutin dapat mengatasi masalah anemia.

Sumber Antioksidan

Tidak jauh beda dengan kebanyakan buah lain, buah erbis juga mengandung sumber antioksidan yang sangat tinggi, yang dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab masalah terkait kanker. Antioksidan juga baik untuk mencegah masalah penuaan dini, dan menjaga kesehatan kulit, kuku, serta rambut.

Membantu program diet

Buah erbis tidak mengandung lemak dan kalori yang tinggi, sehingga bisa dikonsumsi secara rutin tanpa khawatir menambah berat badan. Kandungan serat larut dalam buah erbis juga memantu menjaga sistem pencernaan, dan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.