Aneka Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, dan Kandungan Nutrisinya (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, dan Kandungan Nutrisinya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Menurunkan tekanan darah

Para ahli di Inggris dan Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Hal itu didasari karena bit mengandung nitrat yang membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine, dan Peninsula Medical School, juga menyarankan cara tersebut untuk menurunkan hipertensi.

Prof. Amrita Ahluwalia, dari Barts and London School of Medicine, menyatakan bahwa meminum jus bit serta sayuran lain yang kaya kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. 

Berdasarkan studi, tekanan darah seseorang akan menurun dalam waktu 1 jam setelah meminum jus bit. Kemudian, 3 sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tekanan darah masih terus berlanjut, dan bisa diamati hingga dalam waktu 24 jam.

Mengefektifkan energi

Dalam sebuah studi, para peneliti melibatkan 8 pria muda sehat untuk menjalani rangkaian tes bersepeda. Mereka diminta melakukan dua kali tes bersepeda, setelah minum jus bit sekali sehari selama 6 hari, dan setelah minum blackcurrant cordial (minuman yang terbuat dari sejenis buah beri).

Studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology itu melaporkan, bahwa setelah minum jus bit, partisipan menggunakan lebih sedikit oksigen saat diminta bersepeda dengan kecepatan lambat. 

Hal itu menunjukkan otot-otot mereka bisa melakukan kerja dalam jumlah yang sama dengan menggunakan energi yang lebih sedikit. Saat diminta bersepeda dengan jarak sesuai kemampuan, partisipan bisa mengayuh beberapa menit lebih lama dibandingkan saat sebelum minum jus bit.

Setelah minum jus bit, lanjut peneliti, partisipan mengalami penambahan stamina sebesar 16%. Artinya, mereka yang biasanya kehabisan energi setelah jogging selama 1 jam mendapat ekstra waktu 10 menit. Selain itu, mereka bisa mencapai jarak yang sama dalam waktu yang lebih cepat.

Sebagai antikanker

Bit merah memiliki khasiat sebagai antikanker. Hal itu disebabkan karena buah ini mengandung vitamin C, magnesium, kalium, serat, dan fosfor, yang baik untuk kesehatan. 

Selain itu, bit juga mengandung coumarin, senyawa yang menjadikan bit bermanfaat untuk mengatasi kanker dan tumor. Senyawa tersebut berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan zat tersebut juga bekerja membersihkan sel kanker sampai ke akar-akarnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda tinggal mengolah bit menjadi jus.

Meningkatkan sistem kekebalan

Vitamin C adalah kadar nutrisi yang cukup banyak dalam buah bit, dan memiliki fungsi penting dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh.

Kaya mineral

Bit adalah buah yang kaya mineral, di antaranya mangan dan kalium. Mangan penting untuk kesehatan tulang, hati, ginjal, dan pankreas. Sementara kalium bertugas menjaga kesehatan saraf dan otot tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Kalium yang terkandung dalam buah bit dipercaya dapat menurunkan hipertensi, yang merupakan salah satu hal yang menghambat aliran darah yang menuju ke jantung. Mengonsumsi buah bit juga dapat mengurangi kadar homosistein.
 
Homosistein adalah zat berbahaya bagi kesehatan jantung, karena homosistein menjadikan pembuluh darah perifer rusak, sehingga kemungkinan penderita terkena stroke semakin besar.

Menghindari anemia

Buah bit memiliki kandungan zat besi, yang dapat memperbaiki hemoglobin atau sel darah merah. Zat besi juga dapat digunakan untuk menyuplai oksigen yang bermanfaat bagi hemoglobin dalam tubuh.

Melancarkan pencernaan

Akibat pola makan yang keliru, pencernaan bisa terganggu, dan terjadilah diare, mual, hingga disentri. Untuk mengatasi masalah pencernaan semacam itu, Anda bisa mengonsumsi jus bit. Kandungan serat tinggi dalam bit akan melarutkan makanan dan racun di dalam usus, sehingga pencernaan kembali lancar.

Menurunkan risiko melahirkan bayi cacat

Buah bit merah memiliki kandungan vitamin B kompleks yang disebut folat, yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Para wanita yang sedang mengandung dianjurkan banyak mengonsumsi makanan kaya folat, untuk menurunkan risiko melahirkan bayi cacat.

Mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Ibu hamil bisa mengonsumsi bit untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik selama kehamilan. Selain itu, manfaat bit juga untuk mencukupi kadar darah pada ibu hamil, sebab anemia merupakan beberapa kendala yang sering terjadi pada ibu hamil.

Menjaga stamina selama kehamilan

Banyak ibu hamil yang mudah kelelahan, khususnya saat usia kandungan yang makin besar. Mengonsumsi jus bit dan meminumnya secara rutin setiap pagi dapat membantu stamina tubuh lebih terjaga, sehingga tidak mudah lelah. 

Kandungan dalam jus bit membantu tubuh terhindar dari kelelahan, letih, dan lesu, karena bit mengandung nitrat yang berguna dalam mengurangi pengeluaran oksigen saat Anda beraktivitas.

Membantu pertumbuhan bayi

Buah bit sangat baik dalam mendukung proses pertumbuhan bayi, karena kandungan vitaminnya yang cukup banyak. Kandungan kalsium pada buah bit juga bisa membantu proses pembentukan tulang bayi lebih kuat. Bahkan, kandungan kalsium dalam bit dapat menghindarkan risiko kurang darah. 

Dalam hal ini, bayi membutuhkan kadar darah yang seimbang untuk membantu proses tumbuh kembang secara sempurna. Anda bisa memberikan manfaat bit untuk bayi dalam bentuk jus untuk diminumnya, atau Anda yang mengonsumsi jus bit sehingga bayi dapat menyerapnya melalui ASI.

Manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebut di atas, mengonsumsi bit juga dapat membantu menghancurkan sel tumor dan sel kanker, memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, sebagai anti-inflamasi, dan lain-lain. 

Di luar urusan kesehatan, bit juga dapat dijadikan pewarna makanan alami. Bit mengandung betanin yang menghasilkan warna merah cemerlang, dan dapat digunakan sebagai pewarna es krim, jeli, dan lain-lain.