Aneka Manfaat Buah Abiu untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya


Buah abiu mungkin tidak sepopuler buah lain semisal nanas, durian, atau apel. Namun bukan berarti buah ini tidak ada di Indonesia. Sebagian orang telah mengenal bahkan akrab dengan buah abiu, sebagian lain juga telah mencoba menanam pohon abiu di Indonesia.

Abiu (Pouteria caimito) memang termasuk tanaman baru di Indonesia. Tanaman buah ini berasal dari Amazon (Brasil, Veneuzela, Peru, Kolumbia), dan banyak dikembangkan di Australia. 

Tanaman abiu dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis maupun subtropis. Saat tumbuh, tanaman abiu bisa setinggi 15 meter bahkan 30 meter, dengan batang pohon sangat kuat. Tanaman abiu menyukai tanah dengan drainase yang baik (banyak mengandung humus dan pasir). 

Kelebihan tanaman abiu adalah cepat berbuah. Dalam waktu dua tahun sejak biji ditanamkan, tanaman abiu sudah mulai berbunga, untuk kemudian menghasilkan buah. 

Buah abiu memiliki rasa manis dan harum. Saat matang, warna buahnya kuning cerah, dengan daging buah berwarna putih. Di antara buah-buahan lain yang sudah populer di Indonesia, abiu tampak unik dan memiliki cita rasa berbeda.

Meski tidak termasuk keluarga sawo-sawoan, kebanyakan orang Indonesia menyebut abiu dengan istilah “sawo Australia”, karena kebanyakan buah ini diimpor dari Australia. Selain itu, karakter pohon abiu memang mirip pohon sawo. 

Bentuk buah abiu ada yang bulat, ada pula yang oval, dengan ujung buah membulat dan licin. Setiap buah umumnya memiliki bobot 150-500 gram, dengan panjang 6-12 cm. Saat telah matang, daging buahnya terasa segar dan legit seperti kelapa kopyor, dengan warna bening dan sedikit lembek serta berair. 

Biasanya, abiu dimakan dengan cara membelah buah secara melintang atau membujur, atau bisa pula dimakan dengan sendok. Dalam setiap buah biasanya terdapat 1 sampai 5 biji.

Selain enak dimakan langsung, daging buah abiu juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan lezat, seperti kue tart, es buah, campuran es krim, dan lain-lain. Buah abiu juga banyak mengandung vitamin A, B3, C, dan merupakan sumber kalori yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, abiu juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan. 

Berikut ini kandungan gizi buah abiu:
  • Kalori: 95 Kal
  • Kadar air: 74,1 gr
  • Serat: 30 gr
  • Protein: 2,1 gr
  • Zat besi: 1,8 mg
  • Vitamin B: 0,2 mg
  • Viamin B2: 0,2 mg
  • Lemak: 1,1 g
  • Kalsium: 96,0 mg

Dengan berbagai zat yang terkandung di dalamnya, daging buah abiu bisa bermanfaat untuk mengobati batuk, bronkhitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Sedangkan getahnya bisa digunakan untuk mengobati cacingan, mengatasi sembelit, bengkak, dan lain-lain. Berikut ini aneka manfaat buah abiu dalam mendukung kesehatan kita.

Menjaga dan memelihara kesehatan mata

Kandungan vitamin A di dalam buah abiu merupakan nutrisi penting dalam membantu menjaga dan memelihara kesehatan organ mata kita. Vitamin A juga membantu meningkatkan kemampuan penglihatan, serta mencegah mata dari terjadinya penyakit katarak.

Membantu melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam buah abiu membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, serat dalam abiu juga membantu menyehatkan organ-organ pencernaan, seperti lambung dan usus. Serat dalam buah-buahan, termasuk abiu, menjadikan pencernaan lebih lancar, sehingga bisa menghindarkan masalah sekitar usus.

Mengatasi masalah sistem pernapasan

Abiu mengandung vitamin A, B3, dan C, yang membantu mengatasi masalah atau gangguan pada sistem pernapasan, seperti bronkhitis (radang pada bronkus), meringankan batuk, serta keluhan pernapasan atau paru-paru lainnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam abiu membantu menguatkan dan menormalkan produksi sel-sel darah putih dalam tubuh, sehingga bermanfaat dalam meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit, sekaligus menjadikan tubuh lebih sehat.

Penangkal radikal bebas

Abiu mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyerang tubuh kita. Radikal bebas umumnya mengandung zat berbahaya, yang salah satunya menjadi penyebab kanker.

Menyembuhkan cacingan dan bengkak

Selain buahnya yang memiliki manfaat, getah pohon abiu juga memiliki manfaat serupa. Getah pohon abiu dapat digunakan untuk mengatasi penyakit cacingan, juga dapat digunakan sebagai obat pencahar, serta menyembuhkan bagian tubuh yang mengalami pembengkakan.