Aneka Manfaat Bluberi, dari Mencegah Kanker sampai Mengurangi Stres (Bagian 2)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Bluberi, dari Mencegah Kanker sampai Mengurangi Stres – Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatur tingkat kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bluberi dapat membantu mengatur tingkat gula darah. Karenanya, penderita diabetes sangat baik mengonsumsi buah ini secara rutin.

Memberi perlindungan sel-sel tubuh

Bluberi memiliki kandungan beragam fitonutrien yang membantu memberi perlindungan antioksidan dan anti peradangan ke sel-sel tubuh. Beberapa studi menunjukkan, konsumsi bluberi secara teratur bisa melindungi sistem saraf, kardiovaskular, pencernaan, dan sistem transportasi gula darah dari tekanan oksidatif. 

Vitamin C dan A di dalamnya juga membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan mempercepat pemulihan sel.

Mengatasi peradangan arteri

Pembuluh darah yang meradang bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Ketika arteri mengalami peradangan, maka arteri akan menyempit dan meningkatkan penyumbatan yang disebabkan oleh plak yang terbentuk. 

Kondisi kesehatan yang disebut aterosklerosis ini dapat disembuhkan dengan rajin mengonsumsi bluberi. Hal itu dimungkinkan, karena kandungan anthocyanin di dalam buah ini mampu melebarkan arteri, dan mengurangi penumpukan plak.

Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Kandungan antioksidan dalam bluberi juga memberi manfaat positif bagi kesehatan sistem kardiovaskular. Penelitian yang dilakukan pada 2012 menemukan fakta bahwa wanita yang mengonsumsi 3 porsi atau lebih bluberi dan stroberi per minggu, memiliki risiko terkena serangan jantung 32% lebih rendah, daripada yang hanya mengonsumsi sebulan sekali atau kurang.

Sementara itu, penelitian lain menemukan bahwa mengonsumsi bluberi secara teratur dapat meningkatkan keseimbangan lemak dalam darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan HDL, dan menurunkan trigliserida. Bluberi juga melindungi komponen darah dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri.

Mengontrol tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bluberi secara teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah, baik pada pria maupun wanita dari berbagai kalangan usia. Pada individu dengan tekanan darah tinggi, cara ini bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

Meningkatkan daya ingat

Beberapa studi menemukan kaitan antara konsumsi bluberi dan peningkatan memori serta kemampuan belajar spasial. Salah satunya dilakukan pada manula dengan rata-rata usia 76 tahun sebagai responden. Konsumsi bluberi selama 12 minggu setiap hari cukup untuk meningkatkan nilai pada 2 tes kognitif berbeda. 

Studi lain dari Harvard Medical School menemukan bahwa bluberi dan stroberi dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif pada wanita lanjut usia.

Mengontrol gula darah

Bluberi memiliki indeks glikemik (IG) yang cukup rendah, yakni 40-53. Meski masih lebih tinggi dari stroberi dan blackberry, asam klorogenat dalam bluberi diperkirakan dapat membantu menurunkan kadar gula darah, dan mengontrol glukosa darah pada penderita diabetes melitus tipe II. 

Penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi buah-buahan ber-IG rendah minimal 3 porsi sehari, termasuk bluberi, mengalami peningkatan pengontrolan gula darah setelah 3 bulan.

Menjaga kesehatan mata

Degenerasi makula merupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada orang-orang berusia lanjut di negara berkembang. Cara paling efektif untuk menghindarinya adalah melalui pencegahan. Salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal International Ophthalmol menyarankan konsumsi ekstrak bluberi, selain perbaikan gaya hidup, dan menghindari sinar mahatari berlebih.

Antioksidan di dalam bluberi dipercaya dapat melindungi retina dari kerusakan oksidatif dan cahaya matahari. Sementara studi lain menunjukkan bahwa ekstrak bluberi juga dapat menajamkan penglihatan pada malam hari.

Mengurangi stres dan menjaga otak

Mengonsumsi satu cangkir jus bluberi secara teratur dapat mengurangi tingkat stres, serta menghindarkan masalah atau penyakit yang terkait dengan kemampuan otak, semisal Alzheimer atau demensia. Selain itu, mengonsumsi bluberi secara teratur juga meningkatkan kemampuan otak dalam mempelajari hal-hal baru.

Antioksidan dalam bluberi, khususnya flavonoid, dapat menyehatkan otak Anda. Penelitian dari Annals of Neurology menemukan bahwa wanita yang rajin mengonsumsi bluberi dapat terhindar dari risiko penurunan kognitif.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Bluberi, dari Mencegah Kanker sampai Mengurangi Stres (Bagian 3)