Aneka Manfaat Bluberi, dari Mencegah Kanker sampai Mengurangi Stres (Bagian 3)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Bluberi, dari Mencegah Kanker sampai Mengurangi Stres - Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Memperkuat tulang

Bluberi memiliki kandungan bahan mangan yang baik untuk tulang, sehingga dapat membantu memperkuat tulang dan menjauhkan Anda dari kemungkinan terserang tulang keropos.

Meningkatkan sistem kekebalan

Beragam vitamin dalam bluberi (A, B, C serta E) serta antosianin, memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menghindarkan infeksi saluran kemih

Bluberi juga diketahui dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan terserang infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi karena perkembangan bakteri E. coli serta bakteri lain di dekat dinding sisi dalam saluran kemih.

Menurunkan timbunan lemak

Bluberi diketahui mampu mengurangi atau menurunkan timbunan lemak dalam perut. Dalam beberapa studi yang pernah dilakukan, bluberi diberikan pada tikus. Beberapa waktu kemudian, tikus-tikus itu mengalami penurunan berat badan serta massa liver. Menyusutnya massa liver itu penting, karena banyak penyakit dikaitkan dengan ukuran liver yang besar, semisal resistensi insulin, obesitas, serta diabetes. 

Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan serat dalam bluberi memiliki banyak manfaat, terutama untuk melancarkan pencernaan dan menghindarkan konstipasi. Selain itu, kandungan vitamin, asam, serta fruktosa, dalam bluberi mampu membantu mengatasi masalah pencernaan.

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan antioksidan dalam bluberi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, selain menghindarkan masalah darah tinggi dan masalah jantung. Serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker juga dapat dinetralkan oleh kandungan antioksidan dalam bluberi.

Mengatasi diabetes

Penelitian menemukan bahwa asam klorogenat yang ada dalam bluberi dapat membantu menurunkan kandungan gula darah serta kandungan glukosa dalam darah, sehingga bagus untuk menangani masalah diabetes melitus tipe 2.

Pendukung diet

Bluberi memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat dalam menurunkan lemak berlebihan pada tubuh, dan dapat membantu menangani masalah pada metabolisme tubuh. Karenanya, bluberi sangat bagus untuk menemani program diet yang sedang Anda lakukan, karena kandungan kalorinya yang rendah.

Menghindari penuaan dini

Selain mengatasi masalah kanker dan jantung, antioksidan dalam bluberi juga membantu menghindarkan penuaan dini, serta memberi perlindungan menyeluruh pada tubuh Anda. 

Antioksidan pada bluberi mampu menekan munculnya kerutan di wajah, serta menjadikan Anda awet muda. Antioksidan menghindarkan rusaknya sel dengan jalan menetralkan radikal bebas, serta melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. 

Melindungi kesehatan kulit

Selain dapat dikonsumsi sebagai buah, bluberi juga dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk perawatan wajah. Masker bluberi dapat membantu memperbaiki serta melindungi kulit dari masalah seperti stres dan paparan cahaya matahari. Selain itu, penggunaan masker bluberi secara teratur juga menjadikan kulit lebih lembut, kenyal, serta tampak bersinar.

Mengatasi jerawat

Anda dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah dengan rutin meminum jus bluberi. Sedangkan untuk Anda yang telah berjerawat, mengonsumsi jus bluberi secara rutin dapat membantu mengatasi masalah itu, hingga jerawat lebih cepat menghilang dari wajah.

Manfaat lain

Selain buahnya, akar dan daun bluberi juga memiliki efek menyehatkan. Jika diolah menjadi teh, akar pohon bluberi dapat membantu mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan, dan memberi efek relaksasi. Sedangkan daunnya, apabila direbus dan diminum, dapat menjadi tonik penambah darah, untuk membersihkan racun dalam tubuh, serta meredakan batuk.