Aneka Manfaat Asam Jawa, Mengatasi Demam sampai Mencerahkan Kulit (Bagian 2)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Asam Jawa, Mengatasi Demam sampai Mencerahkan Kulit - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menyembuhkan ambeien

Siapkan 1 gram asam jawa, 6 gram daun kejibeling, 3 gram temulawak, serta 6 gram meniran. Bersihkan semua bahan tersebut, kemudian rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, dan tunggu hingga tersisa separuh (setengah liter). Setelah itu angkat, dan dinginkan. Setelah dingin, saring airnya, dan minumlah 3 kali sehari secara teratur.

Mengatasi demam nifas

Demam kadang menyerang saat Anda menjalani nifas (masa seusai melahirkan). Masalah itu bisa diatasi dengan resep berikut.

Siapkan satu jari asam kawak (asam yang telah diproses, berwarna hitam) serta gula aren secukupnya. Seduhlah asam dan gula aren tersebut dengan satu gelas air panas. Tunggu sampai agak hangat, kemudian diminum. Lakukan hal tersebut dua kali dalam satu hari.

Menurunkan demam pada bayi

Ambillah asam kawak sebesar ibu jari, kunyit juga sebesar ibu jari, 5 lembar daun melati muda, dan 2 tangkai daun bawang. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, lalu tempelkan pada ubun-ubun bayi, dan biarkan sampai mengering. Ini adalah resep turun temurun dari nenek moyang yang telah dipercaya khasiatnya.

Menyembuhkan demam

Resep berikut ditujukan untuk mengatasi demam pada orang dewasa. 

Siapkan 1 genggam daun asam jawa, serta adas pulowaras secukupnya. Kedua bahan itu direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, hingga tersisa setengahnya. Setelah itu, saring airnya, dan diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

Menurunkan kolesterol

Siapkan 200 gram daun asam jawa, dan tumbuklah sampai halus. Tambahkan 200 ml atau satu gelas air panas. Setelah itu, saring airnya, dan diminum. Lakukan hal tersebut tiga kali sehari.

Mengatasi nyeri haid

Ambil setengah jari asam jawa, 10 potong temulawak, serta gula aren secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan 1 gelas air, tunggu sampai mendidih, hingga tinggal setengahnya. Setelah itu, saring airnya, dan diminum. Lakukan setiap hari, seminggu sebelum datangnya masa haid.

Menyembuhkan sariawan

Sediakan satu genggam daun asam jawa muda, dan cucilah sampai bersih. Siapkan rimpang kunyit sepanjang 5 cm, dan diiris tipis-tipis. Rebus kedua bahan tersebut dalam 4 gelas air, dan tunggu sampai mendidih, hingga air tersisa setengahnya (2 gelas). 

Agar rasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan gula aren secukupnya ke dalam rebusan tersebut. Minumlah ramuan itu setiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas.

Menyembuhkan eksim

Siapkan segenggam asam jawa, umbi temulawak, serta gula aren secukupnya. Semua bahan ditumbuk, lalu direbus dengan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih, hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu, saring airnya, lalu diminum. Lakukan hal ini dua hari sekali, untuk upaya penyembuhan dari dalam.

Sedangkan untuk penyembuhan dari luar, siapkan 1 genggam daun asam jawa yang masih muda, serta rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kedua bahan itu ditumbuk sampai halus, lalu ditempelkan atau dioleskan pada kulit yang sakit.

Menyembuhkan disentri

Siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram kunyit, dan 10 gram temulawak. Tumbuk semua bahan hingga halus. Tambahkan secangkir air panas, lalu aduk semua bahan hingga tercampur merata. Setelah itu, saring airnya, dan tambahkan 1 sendok makan madu murni. Aduk sampai rata kembali, lalu diminum saat pagi hari.

Mengatasi difteri

Difteri adalah penyakit saluran pernapasan, yang disebabkan bakteri Corynebacterium diphtheriae. Gejalanya berbentuk sakit tenggorokan, demam, susah bernapas serta menelan, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, serta membuat badan terasa sangat lemah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti resep berikut.

Siapkan 5 gram lobak, 5 gram bawang merah, 5 gram kencur, serta 10 gram daun pepaya muda. Semua bahan tersebut ditumbuk atau diblender sampai halus. Tambahkan asam jawa, lalu seduh dengan segelas air panas. Ramuan ini dipakai untuk berkumur sampai ke tenggorokan. Lakukan tiga kali sehari.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Asam Jawa, Mengatasi Demam sampai Mencerahkan Kulit (Bagian 3)