Aneka Manfaat Asam Jawa, Mengatasi Demam sampai Mencerahkan Kulit (Bagian 4)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Asam Jawa, Mengatasi Demam sampai Mencerahkan Kulit - Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu. 

Menyembuhkan gatal pada sisa luka 

Luka atau sisa luka yang telah kering biasanya menimbulkan rasa gatal. Meski terkesan ringan, namun masalah itu sering kali menjadi berat. Karena rasa gatal, kita pun tergoda untuk menggaruk. Akibatnya, luka yang sebenarnya sudah mengering dan hampir sembuh kembali parah akibat luka garukan yang terjadi.

Untuk mengatasi gatal pada luka yang telah kering semacam itu, Anda bisa melakukan resep berikut. Ambillah asam kawak secukupnya, lalu rendam dalam air matang, hingga mengembang. Setelah itu, gosokkan perlahan pada sisa luka yang gatal.

Atau, Anda juga bisa menggunakan segenggam daun asam serta kunyit secukupnya, lalu dihaluskan. Setelah itu, tempelkan pada sisa luka yang terasa gatal.

Mengatasi bengkak digigit serangga

Siapkan 3 biji asam jawa, lalu ditumbuk sampai halus. Bersihkan bagian tubuh Anda yang bengkak dengan kain yang telah diolesi minyak kayu putih, lalu tempelkan asam jawa yang telah ditumbuk halus pada bagian yang bengkak atau yang terasa sakit.

Menyembuhkan gatal-gatal

Ada jenis gatal yang memunculkan titik-titik merah pada kulit tubuh, dan titik-titik merah itu memiliki kandungan air di dalamnya. Resep berikut ini ditujukan untuk masalah gatal semacam itu.

Siapkan temulawak sebesar ibu jari, lalu dicuci bersih serta diiris tipis. Rebuslah dengan satu gelas air bersama gula aren, tunggu sampai mendidih, hingga airnya tinggal setengah gelas. Tambahkan asam kawak sebesar ibu jari ke dalamnya, dan aduk sampai merata. Setelah itu, saring airnya, dan minum.

Mengatasi gigitan ular biasa

Ambil biji asam jawa, dan belah menjadi dua bagian. Tempelkan belahan biji sisi dalam pada bagian yang terluka akibat gigitan. Jumlah biji asam jawa yang dipakai dalam pengobatan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Resep ini merupakan upaya sebelum mendapat pertolongan dokter atau ahli yang berkompeten. Karenanya, meski telah melakukan resep di atas, Anda tetap perlu memeriksakan luka yang dialami ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Mengatasi gusi pecah-pecah

Siapkan daun asam yang masih muda secukupnya, dan 2 ruas kunyit yang telah diiris tipis-tipis. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, lalu angkat dan saring. Tambahkan gula merah secukupnya, lalu diminum selagi hangat-hangat kuku. Lakukan 3 kali sehari.

Mengatasi telapak kaki pecah-pecah

Siapkan beberapa buah asam yang sudah tua, buang bijinya, lalu tambahkan air. Remas sampai lumat, kemudian tempelkan merata pada bagian kaki yang pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit, lalu dicuci dengan air hangat. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

Mencerahkan kulit

Anda bisa memanfaatkan asam jawa untuk membuat kulit lebih cerah. Caranya, lumatkan daging buah asam jawa dengan air panas. Tambahkan bubuk kunyit secukupnya, lalu diaduk-aduk seperti membuat adonan lulur. Gunakan adonan itu sebagai lulur, dan biarkan hingga 15 menit. Setelah itu, basuh dengan air hangat yang bersih.

Mengangkat sel kulit mati

Lumatkan daging buah asam jawa dengan sedikit garam serta yoghurt, hingga terbentuk adonan seperti pasta. Gunakan adonan itu di wajah sebagai masker, dan jauhi sisi mata. Diamkan selama 20 menit, sambil dipijat perlahan-lahan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Setelah itu, basuh dengan air bersih.

Mengatasi rambut rontok

Siapkan biji asam jawa secukupnya, dan campurkan dengan sedikit air. Pada waktu mandi, pijat-pijatlah rambut di kepala dengan buah asam jawa tadi. Setelah itu bersihkan, dan Anda bisa melanjutkan dengan berkeramas menggunakan shampo seperti biasa.