Aneka Manfaat Asam Jawa, Mengatasi Demam sampai Mencerahkan Kulit (Bagian 3)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Asam Jawa, Mengatasi Demam sampai Mencerahkan Kulit - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatasi bisul

Siapkan 5 gram asam kawak, 10 gram daun bayam duri, 10 gram daun kangkung, dan garam secukupnya. Daun kangkung serta bayam duri ditumbuk sampai halus, lalu tambahkan asam kawak serta garam secukupnya. Tempelkan ramuan itu pada bisul, hingga seluruh bagian permukaannya tertutupi.

Apabila telah kering, ramuan tersebut dapat digantikan ramuan baru (dengan cara pembuatan serupa sebagaimana yang dijelaskan di atas). Dengan resep ini, bisul akan cepat matang serta pecah, sehingga proses pengobatan dan kesembuhannya menjadi lebih cepat.

Menyembuhkan asma 

Siapkan 2 potong kulit pohon asam jawa serta adas pulowaras secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air, biarkan mendidih, sampai tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum. Lakukan secara rutin setiap hari, sampai masalah asma terasa lebih ringan.

Mengatasi batuk kering

Sediakan 3 buah asam jawa serta segenggam daun saga. Buah asam jawa serta daun saga direbus dengan 4 gelas air, tunggu hingga mendidih, sampai tersisa 2 gelas. Saringlah airnya, dan diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore. Lakukan secara teratur.

Mengatasi sakit perut

Sediakan 3 buah asam jawa yang telah masak, dan kapur sirih serta minyak kayu putih secukupnya. Asam jawa serta kapur sirih ditumbuk sampai halus, lalu tambahkan minyak kayu putih, dan diaduk sampai rata. Oleskan ramuan itu pada bagian perut yang sakit.

Menyembuhkan keputihan

Siapkan asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas (dicuci), 5 cm rimpang kunyit (dicuci, dikupas), serta gula aren secukupnya.

Daun beluntas dihaluskan bersama kunyit, kemudian diseduh dengan setengah gelas air panas. Tambahkan asam serta gula aren, dan aduklah sampai merata. Setelah itu, saring airnya, dan diminum setiap saat akan tidur malam. Lakukan secara teratur setiap hari.

Mengatasi gatal alergi dan biduran

Sediakan 3 buah asam jawa, 1/4 sendok makan kapur sirih, dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih, sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saringlah airnya, dan diminum 2 kali setiap hari, pagi dan sore.

Menyembuhkan sakit panas

Ramuan berikut ini ditujukan untuk mengatasi sakit panas yang terjadi pada anak-anak, meski dapat pula dimanfaatkan untuk orang dewasa.

Siapkan 2 buah asam jawa, dan garam secukupnya. Kedua bahan tersebut diseduh dengan segelas air panas, lalu disaring. Airnya diminum saat masih hangat. 

Catatan: Wanita hamil dilarang meminum ramuan ini.

Mengatasi luka yang baru terjadi

Luka pada kulit bisa terjadi karena berbagai sebab, semisal terkena pisau, terjatuh, dan lain-lain, yang biasanya membuat darah keluar. Untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat pengeringan luka, ambillah daun asam jawa secukupnya, dikunyah hingga lembut dan berair, lalu tempelkan pada bagian yang luka.

Menyembuhkan reumatik

Reumatik atau pegal linu biasanya menyerang daerah pinggang, dan kerap dialami orang-orang setengah baya atau yang lebih tua, khususnya yang banyak beraktivitas atau bekerja keras. Untuk mengatasinya, siapkan 1 genggam daun asam jawa, dan 2-3 biji asam jawa. Kedua bahan itu dihaluskan, lalu tempelkan pada bagian pinggang yang sakit, sambil diijit-pijit.

Menyembuhkan borok

Borok adalah luka yang terbuka pada kulit, terasa perih, gatal, berair, serta memiliki kandungan nanah. Hal itu biasanya terjadi karena luka dan infeksi. Untuk mengatasinya, ambillah biji asam jawa secukupnya, lalu ditumbuk sampai halus. Ramuan itu ditempelkan pada bagian yang mengalami luka borok, kemudian ditutup dengan kain perban.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Asam Jawa, Mengatasi Demam sampai Mencerahkan Kulit (Bagian 4)