Ada Bahaya Mengintai Saat Kita Kirim Foto Lewat HP, dan Cara Mengatasinya


Mengirim file foto lewat ponsel menjadi hal lazim bagi pengguna smartphone. Namun sayangnya, ada bahaya yang mengintai jika sering mengirim foto pribadi lewat ponsel, di antaranya penyebaran data pribadi.

Setiap kali pengguna mengambil foto atau merekam video dengan iPhone misalnya, terdapat informasi tentang file, termasuk tanggal pengambilan foto serta lokasi pengguna. Kemudian, keduanya disimpan sebagai metadata di dalam media ponsel.

Meskipun metadata memiliki tujuan yang berguna dan penting, metadata nyatanya dapat dengan cepat menjadi masalah privasi, terutama apabila menyangkut lokasi Anda.

Jika seseorang memiliki akses ke foto yang Anda simpan di gawai, maka dapat dengan mudah menjelajahi metadata, untuk mengidentifikasi lokasi dan menemukan tempat tinggal Anda hingga lokasi Anda bekerja.

Untungnya, iOS 15 milik Apple disebut telah mempermudah untuk menghapus lokasi pengguna dari foto dan video yang diambil menggunakan iPhone.

Dengan demikian, pihak yang biasa mengintai tidak dapat melihat lokasi pengguna. Hal itu dapat mencegah iklan melacak pengguna di web untuk dijadikan slot iklan oleh para pemasok iklan.

Namun sebenarnya, apa yang dimaksud metadata foto?

Hampir setiap foto yang Anda ambil di iPhone maupun Android memiliki sekumpulan informasi tersembunyi yang tersimpan di dalamnya. Metadata lebih dikenal secara khusus sebagai data berisi informasi deskriptif dari gambar.

Informasi ini memungkinkan aplikasi dengan cepat mengidentifikasi foto dan mengaturnya. Di iPhone, Anda dapat diberi kemudahan seperti mengatur foto berdasarkan tanggal pengambilan, lokasi pengambilan atau mengapa iOS dapat membuat video kenangan pribadi, menurut laporan Fuentitech.

Jadi, sebenarnya metadata dianggap berguna bagi para pengguna kecuali berada di tangan yang salah. Namun bagi pengguna iPhone dapat menghapus metadata yang berisi informasi lokasi dari file foto dan video.

Dikutip CNet, berikut cara mengakses informasi metadata foto dan bisa menghapus lokasi foto:

Buka aplikasi galeri foto dan pilih ke file foto yang ingin disesuaikan metadatanya.

Geser ke atas pada file foto, dan ketuk tombol info (i) untuk melihat informasi foto.

Klik 'Sesuaikan' di sisi kanan informasi peta lokasi pengambilan gambar.

Klik pilihan 'Tidak ada lokasi', secara otomatis informasi lokasi akan hilang dari metadata foto.

Itulah bahaya yang mengintai di balik kebiasaan sering kirim foto lewat ponsel, dan cara untuk menghapus lokasi di metadata foto.