8 Makanan yang Sebenarnya Tak Perlu Disimpan Dalam Kulkas


Persediaan makanan dan minuman biasanya kita masukkan ke dalam kulkas dengan tujuan untuk menjaga kesegarannya. Bahan-bahan dapur juga kadang kita masukkan ke dalam kulkas untuk tujuan yang sama. 

Tetapi, sebenarnya, tidak semua bahan makanan perlu dimasukkan ke dalam kulkas, karena akan tetap segar meski tidak disimpan di tempat yang dingin. Selain itu, ada pula makanan yang justru tidak baik jika dimasukkan ke dalam kulkas. Tomat, misalnya, justru akan berkurang cita rasanya bila dimasukkan ke dalam kulkas. 

Berikut ini beberapa makanan yang tetap aman dikonsumsi tanpa harus didinginkan atau disimpan dalam kulkas.

Mentega

Jika Anda tinggal di wilayah yang tidak terlalu panas, Anda tidak perlu memasukkan mentega ke dalam kulkas. Cukup simpan mentega di lemari makan atau di meja makan. Selain tidak masalah, menyimpan mentega di dalam kulkas juga bisa merepotkan, karena mengharuskan Anda mencairkannya dulu sebelum digunakan.

Selai kacang

Sama seperti mentega, selai kacang juga tidak perlu didinginkan. Anda dapat menyimpannya dalam lemari makan atau di atas meja makan agar lebih mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Saus tomat

Kalau kita perhatikan, supermarket atau swalayan tidak memasukkan saus tomat ke dalam lemari pendingin sebagaimana susu, yoghurt, atau es krim, tetapi diletakkan di rak biasa, tempat menyimpan berbagai penyedap masakan. Karena kenyataannya saus tomat memang tidak perlu disimpan dalam kulkas.

Daun kemangi dan seledri

Memang ada jenis tanaman penyedap yang harus didinginkan atau dimasukkan ke dalam kulkas, seperti daun ketumbar. Tetapi daun kemangi dan seledri tidak perlu, karena jika disimpan di kulkas justru jadi cepat layu.

Mayones

Mayones bukan produk olahan susu, jadi tidak perlu diperlakukan seperti susu atau yoghurt. Telur yang ada dalam mayones telah dipasteurisasi, yang artinya juga tidak memerlukan pendinginan. 

Tentu saja beberapa orang mungkin tidak menyukai mayones yang disimpan dengan suhu ruangan. Jadi, jika Anda memang lebih suka mayones dingin, silakan simpan dalam kulkas. Tetapi jika tidak, mayones bisa disimpan di mana saja.

Saus ikan

Daging ikan jelas perlu disimpan dalam lemari pendingin, apalagi jika Anda tidak akan langsung mengolahnya. Namun, saus ikan tidak perlu disimpan dalam kulkas untuk mempertahankan aroma dan rasa ikannya. Begitu juga dengan kecap. Simpan saja di lemari makan atau di meja makan.

Selai

Segala sesuatu yang sudah dibersihkan atau disegel dalam toples memang dirancang untuk disimpan dalam suhu ruangan, karena bahan makanan semacam itu sudah diberi bahan pengawet. Termasuk selai. Letakkan saja di meja makan atau lemari makan, tidak perlu disimpan dalam kulkas.