8 Makanan dan Minuman yang Membantu Melindungi Kulit dari Sinar Matahari


Biasanya, kita menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan panas matahari. Namun, ternyata, upaya melindungi kesehatan dan kecantikan kulit tidak hanya perlu dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam. Melalui makanan-makanan tertentu, kita bisa membantu menjaga kulit dari dalam, serta melindunginya dari efek buruk sinar matahari.

Berikut ini makanan-makanan bernutrisi yang memberikan perlindungan dari dalam untuk melawan efek buruk sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari pada sel kulit.

Buah-buahan asam

Penelitian di University of Arizona terhadap 470 orang pria dan wanita menemukan fakta bahwa mereka yang rajin mengonsumsi buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, jeruk limau, dan lainnya, memiliki zat limonene kuat yang dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit hingga 34 persen.

Teh hijau

Penelitian di University of Wisconsin menemukan bahwa teh hijau mengandung antioksidan yang disebut BGCG. Di antara manfaat BGCG, salah satunya adalah menghentikan kerusakan genetik pada sel kulit yang terkena paparan sinar matahari. Selain itu, teh hijau mengandung efek antikanker dan memberi energi lebih cepat ketika Anda merasa lelah.

Wortel

Wortel atau sayuran dan buah-buahan lain yang berwarna merah, kuning, dan oranye, mengandung karotenoid. Penelitian membuktikan bahwa karotenoid bisa mengurangi efek buruk akibat radiasi sinar matahari. Sayuran lain yang juga mengandung karotenoid dan membantu mencegah kerusakan kulit akibat matahari adalah cabai merah.

Bayam

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan selada, adalah sumber nutrisi yang kaya antioksidan lutein dan zeaxanthin. Zat-zat tersebut dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel yang rusak akibat radiasi sinar ultraviolet matahari.

Sayuran hijau juga mengandung zat besi, vitamin, mineral, senyawa anti penuaan, sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari. Salah satu penelitian bahkan pernah menggunakan brokoli untuk dijadikan bahan tabir surya, dan terbukti ampuh dalam mencegah kanker kulit ketika bagian tubuh terkena sinar matahari.

Salmon

Ikan salmon kaya minyak dan asam lemak omega-3. Penelitian di Inggris menyebutkan, minyak ikan bisa membantu melindungi tubuh dari paparan sinar matahari dan perubahan DNA yang bisa menyebabkan kanker di kemudian hari. Selain itu, asam lemak omega-3 pada ikan juga baik bagi jantung. 

Walnut

Tak jauh beda dengan salmon, walnut juga mengandung asam lemak yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraiolet matahari.

Air kelapa

Rutin mengonsumsi air kelapa mampu membantu menyegarkan kulit dari dalam, sekaligus mendinginkan tubuh dan pikiran. Meminum air kelapa juga membantu Anda terhindar dari dehidrasi.

Cokelat

Minuman cokelat mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang terik, dan mencegah serangan kanker kulit. Efek anti-inflamasi pada cokelat juga ampuh menyegarkan diri ketika musim panas tiba.