7 Mesin Pencari yang Sudah Ada di Internet Sebelum Lahirnya Google


Di internet, hal penting yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna adalah mesin pencari atau search engine. Karena dengan mesin pencari, kita bisa mencari dan menemukan artikel atau hal lain yang kita perlukan di internet. Apa mesin pencari yang biasa Anda gunakan? Kemungkinan besar, jawabannya adalah Google.

Google memang telah dikenal sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan pengguna internet saat ini. Kenyataan itu tentu karena kemampuan Google dalam menghasilkan laman pencarian yang tidak hanya banyak, tapi juga akurat. Karenanya, banyak orang yang nyaman menggunakannya.

Meski begitu, Google sebenarnya bukan mesin pencari pertama di internet. Sebelum lahirnya Google, telah ada mesin pencari lain yang sudah beroperasi. Berikut ini adalah 7 mesin pencari yang sudah ada sebelum munculnya Google.

1. WebCrawler

Mesin pencari WebCrawler sudah ada sejak tahun 1994, dan masih bisa Anda akses sampai saat ini. Meski begitu, hasil pencarian WebCrawler umumnya hanya mengambil hasil pencarian Google dan Yahoo.

2. Lycos

Lycos muncul di tahun yang sama dengan WebCrawler, yaitu 1994. Mesin pencari ini juga tetap aktif sampai saat ini, dengan menggunakan logo anjing. Tampilan halaman Lycos berpadu dengan background yang keren dengan fitur slider.

3. AltaVista

Untuk Anda yang sudah mengenal internet sejak tahun 90-an, pasti mengenal AltaVista. Ya, mesin pencari ini populer di era 90-an. Mesin pencari ini juga lama bertahan, sampai akhirnya diakuisisi oleh Yahoo, dan ditutup pada 2013. 

4. Excite

Excite juga salah satu mesin pencari yang sudah muncul sebelum Google, di tahun 1995. Mesin pencari ini sebenarnya memiliki peluang cukup besar untuk bisa berkembang. Tapi kehadiran Google dan Yahoo membuat Excite tenggelam.

5. Yahoo

Sampai saat ini, Yahoo masih tetap berusaha mengembangkan sistem mesin pencarinya, untuk bersaing dengan Google. Kalau kita melirik statistik ranking Alexa, Yahoo berada pada urutan yang ke-4. Tapi, apakah Yahoo bisa mengejar ketertinggalannya dari Google?

6. Dogpile

Dogpile adalah mesin pencari yang sudah ada sejak tahun 1996, dan sampai saat ini masih beroperasi. Hasil dari pencariannya diambil dari kombinasi mesin pencari Google, Yahoo, dan Yandex.

7. AskJeeves

Di tahun yang sama dengan Dogpile lahir, ada pula mesin pencari yang cukup populer bernama AskJeeves. AskJeeves memiliki sistem tanya jawab untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Untuk anak zaman sekarang, AskJeeves.com mungkin tidak diketahui. Karena memang nama tersebut sudah berganti, dan lebih dikenal dengan Ask.com.