7 Makanan dan Minuman Enak yang Sebaiknya Dihindari ketika Stres


Saat stres, banyak orang 'lari' ke makanan untuk mendapatkan kenyamanan. Tapi beberapa makanan enak dan lezat justru bisa menambah tingkat stres. Saat mood Anda tidak stabil, sebaiknya hindari konsumsi tujuh makanan ini, karena bisa memperparah tingkat stres.

1. Minuman penambah energi

Saat stres tidak disarankan mengonsumsi minuman penambah energi karena mengandung kadar kafein dan gula tinggi. "Kafein dan gula yang tinggi dalam minuman penambah energi adalah kombinasi yang dapat memperburuk stres," ujar pengarang buku 'The Flexitarian Diet', Dawn Jackson Blatner.

2. Makanan pedas

Saat stres, sistem pencernaan tubuh akan terganggu. Hal itu akan semakin parah apabila Anda mengonsumsi makanan pedas. Selain itu juga memproduksi gas yang membuat perut tidak nyaman. Belum lagi jika perut termasuk sensitif terhadap cabai atau merica yang bisa membuat sakit perut. 

"Masakan pedas  mengakibatkan timbulnya asam refluks yang akan menghambat pencernaan,” jelas Heather Bauer, pemilik Bestowed, perusahaan penyedia produk nutrisi dan gaya hidup.

3. Makanan manis

Saat stres biasanya selalu muncul keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Tapi efek senang dan tenang hanya terjadi saat Anda memakan makanan tersebut. Makanan manis bisa meningkatkan insulin dan menaikkan gula darah sehingga ingin makan lagi dan lagi. Begitu makanan habis, Anda akan kembali stres.

4. Kopi

Apapun jenis kopinya, seperti vanilla latte atau mocha yang mengandung sirup manis dan espresso  mempunyai efek yang sama meningkatkan stres. Kopi tinggi akan kafein yang membuat Anda terus terjaga sehingga sulit tidur. 

"Banyak orang, jika mereka panik biasanya akan pergi ke coffee shop untuk minum  kopi, hal ini malah akan membuat mereka sangat gelisah, bahkan lebih dari sebelumnya,”  tutur Blatner.

5. Makanan lahan

Makanan olahan seperti sosis, ham, kornet atau keripikbanyak mengandung sodium, lemak dan zat aditif yang dapat meningkatkan stres. "Makanan yang tinggi lemak, gula dan garam dapat meningkatkan tingkat kortisol (hormon pemicu stres) di tubuh kita," jelas Bauer.

6. Kentang goreng

Tingginya kandungan karbohidrat dan lemak dalam kentang goreng dapat memberikan energi, tetapi juga hipertensi karena biasanya mengandung sodium tinggi. Saat tekanan darah naik, Anda akan mudah marah. 

"Apakah itu kentang atau keripik kentang, apapun yang tinggi garam tidak baik untuk kesehatan jangka panjang Anda," tambah Bauer.

7. Permen karet

Menurut Blatner, permen karet dan permen yang menggunakan perasa buatan dapat memperparah tingkat stres dan membuat pencernaan terhambat. "Makanan seperti permen karet dapat membuat perut kembung dan tidak nyaman yang dapat menambah tingkat stres," jelas Blatner.