6 Trik Membangun Rumah di Lahan Sempit agar Tampak Luas dan Nyaman


Jika kamu memiliki rumah dengan lahan sempit, namun ingin membuat tampak luas, tenang kini ada triknya. Arsitek Ren Katili mencoba memberikan solusi untuk kamu agar bisa memanfaatkan rumah lahan sempit untuk tetap terlihat luas.

Ren merujuk pada desain rumah sempit itu untuk membangunnya dengan tiga lantai. Berikut trik yang perlu kamu bisa praktikan jika ingin membangun rumah dengan lahan sempit:
 
1. Tanpa sekat

Pastikan seluruh lantai bawah tak ada sekat. Sebab lantai bawah dijadikan ruang komunal, tempat bertemunya anggota keluarga. Baik dari ruang tamu, dapur, hingga ruang belakang yang outdoor.

"Ruang belakang bisa kamu jadikan untuk bersantai, untuk ngopi atau work from home," ujar Ren.
 
2. Material

Untuk material yang digunakan, pastikan bernuansa terang agar terlihat tak sempit. Unsur kayu juga diperlukan agar tak terlihat sempit.

"Selain itu material yang digunakan agar gampang dibersihkan, karena cuaca di Indonesia lembap. Kemudian gunakan warna yang terang di rumah-rumah dengan lahan terbatas. Selapang mungkin, gunakan dinding-dinding dengan warna yang terang," terang Ren.
 
3. Jendela

"Banyak jendela juga diperlukan supaya ada udara dan cahaya alami yang masuk. Tujuan lainnya agar ruangan tidak lembap," terangnya.

Selain itu ukuran jendela yang besar atau memanjang, agar terkesan sebersih mungkin.
 
4. Lantai

Kemudian kamu bisa menggunakan lantai yang mengkilap. Gunanya, sekali lagi agar ruangan tidak terasa sempit, tapi malah jadi mewah.
 
5. Tangga

Menggunakan tangga dengan nuansa yang terang pencahayaan alami, dari atas dan menembus ke bawah.

"Tangga yang transparan salah satu trik juga. Jadi perbanyak cahaya dari atas bangunan. Kalau untuk malam, kalian bisa menggunakan lampu yang mengarah ke balik tangga," sarannya.
 
6. Plafon

Langit-langit rumah disarankan untuk menggunakan yang natural dengan unsur Kayu Jati Belanda dan terang.

"Kamu juga bisa menggunakan warna putih, jadi main di pencahayaan atau tata lighting yang mengarah ke plafon," pungkasnya.