6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat


Asam urat adalah jenis penyakit radang yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Keadaan tersebut menjadikan kadar asam urat meningkat. 

Salah satu kunci dalam mengatasi penyakit asam urat agar kadarnya tidak terus meningkat adalah menjaga asupan makanan. Makanan dengan kadar purin yang tinggi sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. 

Selain mengatur diet makanan, yang juga tidak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah secara berkala. 

Umumnya, dengan kombinasi diet yang tepat dan obat resep dari dokter, kadar asam urat dalam darah akan terkontrol dengan baik. Berikut makanan-makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat, agar penyakit yang diderita tidak semakin parah.

Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, kambing, babi, termasuk makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Penderita asam urat sebaiknya membatasi atau lebih baik menghindari konsumsi makanan-makanan tersebut.

Ikan sarden dan mackerel

Meski mengandung protein yang tinggi, namun ikan umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi. Ikan sarden, mackerel, juga ikan tuna, termasuk jenis ikan yang sebaiknya dihindari.

Udang

Selain jenis ikan, makanan laut semisal udang juga termasuk golongan makanan dengan kadar purin tinggi. Selain itu, udang merupakan sumber makanan dengan kolesterol tinggi, jadi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas, khususnya bagi penderita asam urat.

Sayur bayam

Sayuran, semisal bayam, adalah sumber mineral yang baik untuk kesehatan. Itu memang benar. Namun, bagi penderita asam urat, sebaiknya berhati-hati dengan sayuran semisal bayam atau asparagus, karena sayuran tersebut mengandung kadar purin yang cukup tinggi. 

Tahu tempe

Sebagaimana sayuran, tahu dan tempe juga makanan yang baik untuk orang sehat karena merupakan sumber protein. Namun, bagi penderita asam urat, sebaiknya batasi atau kalau bisa jauhi tahu dan tempe, karena mengandung purin tinggi.