6 Makanan yang Membantu Mengatasi Masalah Pada Gigi


Di antara masalah umum yang biasa menimpa sekitar mulut, gigi berlubang adalah satu di antaranya. Gigi berlubang bisa menghinggapi siapa saja, tidak pandang umur. Karena perawatan yang kurang baik, atau karena malas gosok gigi, siapa saja bisa terkena masalah gigi berlubang.

Untuk menghindari masalah gigi berlubang, yang paling penting untuk diingat adalah membiasakan diri membersihkan dan menggosok gigi secara teratur, dan membiasakan berkumur setelah makan. Untuk menunjang upaya tersebut, berikut ini adalah makanan-makanan yang juga membantu mencegah gigi berlubang, yang juga bisa Anda konsumsi.

Buah yang tidak manis

Ada buah-buahan yang manis, ada pula buah-buahan yang tidak manis. Jika Anda ingin menikmati buah dengan tujuan menangkal gigi berlubang, pilihlah buah-buahan yang tidak manis. Misalnya mentimun. Buah-buahan semacam itu mengandung sedikit gula, dan kaya serat, sehingga menjauhkan Anda dari masalah gigi berlubang.

Sayuran berserat

Sama seperti buah-buahan yang tidak manis, sayuran berserat semisal wortel dan sayuran berdaun hijau juga bisa melindungi gigi dari bahaya gigi berlubang, karena mengandung banyak serat.

Kismis

Kismis mengandung flavonoid dan potofenol yang dapat membantu mengontrol bakteri, khususnya bakteri pada daerah gigi. Hal itu dapat membantu Anda terhindar dari bahaya gigi berlubang.

Makanan laut

Makanan laut, seperti udang dan tiram, mengandung banyak kalsium. Unsur-unsur yang terkandung dalam makanan laut tersebut dapat memperkuat gigi.

Permen karet bebas gula

Mungkin kita pernah mendengar bahwa permen karet berbahaya bagi kesehatan gigi. Hal itu mungkin benar untuk permen karet yang mengandung gula. Namun, sebaliknya, kegiatan mengunyah permen karet bebas gula dapat menghasilkan asam mulut yang membuat lapisan pelindung pada gigi.

Daun mint

Daun mint bukan sembarang daun, karena bisa berfungsi sebagai disinfektan alami. Mengunyah daun mint bisa melindungi dan memperkuat gigi.