5 Tempat yang Penduduknya Berumur Paling Panjang di Dunia


Di mana kita hidup tampaknya ikut mempengaruhi umur kita, selain makanan dan minuman yang kita konsumsi, serta gaya hidup yang kita jalani. Karena, bagaimana pun, tempat tinggal akan ikut mempengaruhi tingkat kesehatan kita. Dalam contoh yang mudah, tinggal di tempat sepi yang minim polusi tentu lebih baik untuk kesehatan daripada tinggal di tempat yang panas, kotor, dan penuh polusi.

Kenyataannya, di dunia ini hanya sedikit tempat yang betul-betul mendukung manusia dapat berumur panjang. Angka harapan hidup rata-rata secara global mencapai 71,4 tahun. Sementara di beberapa belahan bumi manusia mungkin hidup lebih pendek, di wilayah lainnya sanggup menikmati hidup lama.

Tempat banyak orang berumur panjang itulah yang disebut Blue Zone, di sanalah orang-orang tua berfisik sehat asyik menghabiskan waktu. Apa rahasia mereka panjang umur mereka?

Sardinia, Italia

Penduduk di sini gemar berjalan kaki, meski untuk jarak cukup jauh. Pola makan nabati, aktivitas fisik yang selalu bergumul dengan keluarga, juga faktor genetik, memainkan peran penting terhadap umur panjang mereka.

Okinawa, Jepang

Lingkaran sosial kecil namun kuat, saling memberi dukungan untuk menghilangkan stres, adalah ciri khas perilaku sehat penduduk Okinawa. Banyak wanita di sini sanggup hidup lebih dari 100 tahun.

Nicoya, Kosta Rika

Orang Kosta Rika secara tradisional mendapatkan sebagian besar asupan kalori mereka dari kacang-kacangan, jagung, dan buah-buahan tropis. Mereka juga suka menghabiskan waktu di luar rumah.

Loma Linda, California, Amerika Serikat

Mayoritas warganya adalah orang-orang yang taat datang ke Gereja. Dengan kata lain, mereka menjalani kehidupan religius. Mereka juga menghindari makan daging. Lebih banyak makan tanaman, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Ikaria, Yunani

Banyak makan buah, sayuran, kacang, biji-bijian, kentang, dan minyak zaitun. Penduduk Ikaria terkenal karena gaya hidup yang santai dan menikmati ragam aktivitas sederhana di luar rumah. Tidak tidur terlalu cepat saat malam, tetapi diimbangi tidur siang. Sepertiga penduduknya berumur lebih dari 90; terbebas dari demensia dan penyakit kronis.