5 Tempat yang Asyik untuk Berselancar Air Selain di Laut


Berselancar merupakan olahraga menantang yang umumnya dilakukan di pantai dengan kecepatan ombak yang aman bagi peselancar. Olahraga ini membutuhkan papan selancar dan ombak laut, dan biasanya penilaian berdasarkan aksi dan kecepatan sang peselancar. 

Namun, untuk Anda yang masih pemula dan tertarik ingin belajar selancar namun masih takut dengan ombak laut, sarana latihan ini patut Anda coba. Berikut merupakan 5 tempat alternatif untuk beselancar selain di laut.

1. Tidal Bore Surfing

Tidal Bore merupakan fenomena alam dimana gelombang laut yang besar mencapai sungai sehingga permukaan air sungai ikut membentuk gelombang seperti ombak di laut. 

Fenomena ini dapat ditemui di sungai Amazon, selain itu Tidal Bore terbesar terdapat pada sungai Qiantang di China dengan kecepatan 40 Km per jam dan ketinggian ombak mencapai 9 meter.

2. Surfing Machine

Dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini, kita tidak perlu repot lagi untuk beselancar karena jarak pantai yang jauh. Mesin selancar telah diciptakan, Anda tidak perlu takut basah karena terjatuh karena alas mesin terbuat dari karet uang aman, selain itu kecepatan gelombang dapat kita atur.

3. Berselancar pada ombak yang dihasilkan boat

Alternatif beselancar yang satu ini memerlukan keahlian khusus, selain menjaga keseimbangan, peselancar harus fokus pada kapal boat yang berada di depannya. Ombak dan kecepatan yang dihasilkan tergantung kecepatan kapal boat. Selain itu Anda juga dapat bersantai dengan metode ini seperti Video di atas.

4. Beselancar di dalam ruangan

Mengambil konsep alam, gelombang air buatan ini dapat digunakan sebagai alternatif beselancar selain di laut. Kecepatan gelombang air dapat diatur sesuai keinginan sehingga untuk seorang peselancar amatir pun dapat menikmati sarana latihan ini.

5. Beselancar di Sungai Munich

Di kota Munich, Jerman terdapat sungai yang mengalir deras di tengah kota, sungai itu bernama sungai Eisbach. Gelombang air di sungai ini mempunyai kecepatan yang dapat digunakan untuk berselancar, oleh karena itu setiap tahun di kota munich diadakan kompetisi selancar di sungai ini.