5 Pasar Paling Unik dan Eksotik yang Hanya Ada di Indonesia


Pasar. Sebuah tempat yang identik dengan wanita dan kegiatan belanja, untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Bicara soal pasar, Indonesia termasuk negri yang kaya dengan ragam wisata yang disajikan. Bahkan, pasar tradisional dapat disuguhkan sebagai lokasi wisata untuk turis mancanegara maupun domestik.

Sebut saja pasar terapung di Banjarmasin yang sangat terkenal. Setiap hari berlalu lalang di atas perahu, para wanita menjajakan dagangannya. Ada sayur mayur, buah-buahan, lauk, hingga bumbu-bumbu dapur. Yuk, intip eksotika keunikan pasar di Indonesia.

1. Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar terapung ini terletak di persimpangan sungai Kuin dan Barito. Pasar ini memikat hati turis karena keunikan dan sajian pemandangan yang memanjakan mata.

2. Pasar Makale di Toraja

Pasar ini lokasinya hanya seluas 50x20 meter. Di sana dijual aneka ternak seperti kerbau dan babi. Karena masih menganut animisme, orang-orang Toraja percaya bahwa kerbau dan babi adalah hewan yang harus dihormati.

Menurut kepercayaan orang Toraja, kerbau adalah hewan yang akan dikendarai saat naik ke Surga nanti.

3. Pasar Bolu di Toraja

Masih berada di Toraja, asar Bolu adalah pasar yang dibuka hanya 1 kali dalam seminggu. Di sini dijual aneka ragam kebutuhan masyarakat.

Di sini, khususnya babi dijual dengan cara diikat di bambu dan ditidurkan. Pengunjung bisa memilih babi berkualitas yang akan dibelinya dengan lebih mudah.

4. Pasar Tomohon di Manado

Di pasar Tomohon ini, Anda akan melihat orang-orang yang menjual hewan tak biasa, seperti ular, tikus, anjing, babi, dan kelelawar untuk dimakan.

Bahan-bahan tersebut akan digunakan untuk menu masakan seperti Paniki (dari kelelawar), RW (dari anjing), dan menu-menu lain yang membuat Anda berjingkat ngeri sebelum memakannya.

5. Pasar Jajanan Mobil di Bandung

Kota wisata ini terkenal dengan aneka menu kuliner yang memanjakan lidah. Dan di sana, mudah sekali ditemui orang-orang yang menjajakan kue-kue dengan menggunakan mobil.

Di dalam mobil, sudah ditata berkotak-kotak kue yang siap dijajakan.