5 Orang yang Hidupnya Mirip Kisah Sherlock Holmes


Sherlock Holmes adalah tokoh fiktif yang diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle dalam novel-novelnya. Sherlock Holmes digambarkan sebagai pria nyentrik yang punya kemampuan membaca orang lain dengan cara menakjubkan, serta mampu memecahkan aneka masalah kejahatan yang pelik dan rumit, dengan cara mengagumkan.

Ternyata, di dunia nyata juga ada tokoh-tokoh yang menjalani kehidupan seperti kisah Sherlock Holmes. Sebagian dari mereka bahkan diakui oleh Doyle sebagai sumber inspirasinya saat menciptakan sosok Sherlock Holmes. Siapa sajakah mereka? Berikut ini uraiannya.

Edward Oscar Heinrich

Edward Oscar Heinrich dikenal sebagai Edison of Crime Detection, pada akhir abad 19. Pria asal Amerika Serikat ini juga disebut-sebut sebagai Sherlock Holmes dari Amerika. Hanya saja, jika Sherlock Holmes adalah tokoh fiksi, Heinrich benar-benar ada di dunia nyata. 

Sama seperti Holmes, Heinrich adalah ahli kimia. Dia memanfaatkan sains untuk memecahkan kasus kejahatan. Nama Heinrich mendadak tenar ketika dia berhasil menangkap salah satu pelaku perampokan kereta terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. 

Joseph Bell

Dr. Joseph Bell adalah seorang dosen dan dokter dari Skotlandia. Sir Arthur Conan Doyle menyebut Bell sebagai inspirasi Sherlock Holmes. Bell mengajar di sekolah kedokteran University of Edinburgh, di mana Doyle belajar. 

Dia kerap menunjukkan kebolehannya dalam menebak profesi dan indikasi penyakit seseorang, hanya dari sepintas pandangan. Selain mengajar, Bell juga sering membantu kepolisian dalam menyelidiki kasus. Salah satu kasus terbesar yang ditanganinya adalah Ardlamont Mystery pada 1893. 

Henry Littlejohn

Henry Little John disebut Doyle sebagai inspirasi Sherlock Holmes. Sir Henry Duncan Littlejohn alias Dr. Henry Littlejohn juga berprofesi sebagai seorang dokter. Sama seperti Bell, dia kerap dimintai tolong oleh kepolisian untuk menyelidiki kasus kejahatan. 

Selama hampir 50 tahun, Littlejohn menjabat sebagai ahli bedah Police and Medical Officer of Health of Edinburgh. Kabarnya, Littlejohn dan Bell sempat ambil bagian dalam penyelidikan kasus Jack The Ripper yang masih belum terpecahkan hingga saat ini. 

Jerome Caminada

Jika Oscar Heinrich adalah Sherlock Holmes Amerika, maka Jerome Caminada adalah Holmes dari Manchester. Caminada adalah inspektur kepolisian yang disebut sebagai Garibaldi-nya para detektif oleh berbagai media massa Inggris pada akhir abad 19. Sementara di dunia kejahatan, dia ditakuti oleh para kriminal yang tak ingin tertangkap olehnya.

Caminada selalu menggunakan observasi menyeluruh untuk memecahkan berbagai kasus. Saat tidak sedang bertugas, dia biasa mengunjungi penjara untuk mengamati dan mempelajari tingkah laku para kriminal, atau menemui para informan di belakang gereja.

Dia juga seorang ahli menyamar yang kerap menggunakan identitas palsu saat mengejar penjahat. Bahkan anak buahnya pun sempat tidak menyadari penyamaran Caminada yang nyaris sempurna. 

Sir Arthur Conan Doyle

Siapa sangka, penulis Sherlock Holmes pun menjalani hidup seperti tokoh rekaannya? Menurut ahli Sherlock, BJ Rahn, Doyle juga kerap memecahkan berbagai kasus kejahatan yang membingungkan polisi. Dia sering membaca surat permohonan penyelidikan yang dikirim oleh para fans Holmes ke 221B Baker Street. Hal ini dibenarkan oleh Adrian, putra mendiang Doyle.

Doyle memecahkan sejumlah kasus menarik, antara lain hilangnya tunangan seorang wanita pada tahun 1909. Ia juga membantu Henry Paget, Marquess of Anglsey, mengungkap kebenaran di balik pencurian permata berharga miliknya. 

Yang paling menghebohkan publik adalah penyelesaian kasus George Edalji. Doyle menghabiskan 9 bulan untuk membuktikan kalau Edalji tidak bersalah atas tuduhan yang dialamatkan kepadanya.