5 Makanan yang Membantu Menyehatkan dan Menyuburkan Rambut


Karena beragam penyebab, rambut kita mengalami berbagai masalah, semisal kusam, kering, lepek, hingga rontok. Sebenarnya, kerontokan rambut adalah hal biasa atau tidak masalah, jika jumlah rambut yang rontok tidak berlebihan. 

Namun, jika kerontokan sudah cukup parah, maka lama-lama bisa mengalami kebotakan. Untuk menghindari hal semacam itu, tentu butuh perawatan, agar rambut senantiasa sehat dan terbebas dari masalah.

Perawatan rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu perawatan dari dalam dan perawatan dari luar. Perawatan dari luar melalui penggunaan berbagai macam kondisioner, baik produk pabrikan maupun kondisioner alami, sedangkan perawatan dari dalam lebih mengarah pada konsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi. 

Langkah awal perawatan rambut harus dimulai dari dalam terlebih dulu, salah satunya dengan memenuhi nutrisi sehat bagi tubuh. Hal itu sangat penting, mengingat masalah kekurangan nutrisi merupakan salah satu faktor utama penyebab kerusakan rambut yang dialami pria maupun wanita. 

Asupan nutrisi yang seimbang seperti mineral, protein, serta vitamin, harus dipenuhi untuk mendapatkan rambut yang sehat dan cantik. Berikut ini makanan-makanan yang dapat membantu menumbuhkan dan menyuburkan rambut, hingga sangat baik dikonsumsi orang-orang yang kebetulan mengalami masalah kerontokan rambut.

Telur

Telur sudah terkenal sebagai makanan sumber protein. Selain mengandung protein tinggi, telur juga mengandung beberapa mineral penting lainnya. Kandungan mineral penting dalam telur di antaranya sulfur, zinc, zat besi, dan selenium. Mengonsumsi satu butir telur setiap hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi rambut Anda.

Walnut

Walnut mengandung biotin dan vitamin E yang tinggi, yang baik dalam menunjang kesehatan rambut. Kedua zat itu sangat penting dalam menjaga dan melindungi serat-serat tubuh dari kerusakan di tingkat sel. Selain itu, walnut juga memiliki kandungan copper dan omega-3 yang memiliki fungsi dalam meningkatkan kilau warna rambut secara alami.

Bayam dan brokoli

Bayam dan brokoli adalah sayuran hijau yang memiliki kandungan berbagai mineral penting seperti betakaroten, vitamin C, besi, dan folat. Kombinasi mineral yang dimiliki bayam tidak berbeda jauh dengan kandungan yang terdapat pada brokoli. 

Mengonsumsi bayam atau brokoli akan membantu melancarkan tingkat sirkulasi darah di sekitar kulit kepala. Sementara kandungan zinc dalam bayam dan brokoli juga membantu mengontrol produksi minyak alami pada kulit kepala.

Salmon

Bisa dibilang, salmon adalah jenis ikan yang multi manfaat. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, salmon juga baik untuk kesehatan rambut. Kandungan protein dan omega-3 sangat tinggi yang dikandungnya menjadikan salmon sebagai salah satu makanan yang padat gizi. Selain omega-3, kandungan vitamin D yang cukup melimpah juga ditemukan dalam daging ikan ini.

Ubi-ubian

Ubi-ubian mengandung antioksidan berupa betakaroten yang cukup tinggi. Ketika dikonsumsi, betakaroten akan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A memiliki fungsi dalam meningkatkan dan menstabilkan produksi minyak alami pada kulit kepala, sehingga rambut akan lebih terlindung dari berbagai radikal bebas yang dapat merusak.