5 Makanan yang Bisa Membantu Memulihkan Tubuh dari Kelelahan


Karena berbagai alasan dan penyebab, tubuh kita tiba-tiba terasa lemah, letih, dan tak bertenaga. Umumnya, hal semacam itu menjadi tanda bahwa daya tahan tubuh kita menurun. Jika memang penyebabnya adalah kekurangan gizi atau nutrisi yang cukup, maka kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat membantu memulihkan tubuh.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu memulihkan kondisi tubuh, karena manfaat dan khasiat yang dikandungnya.

Jus buah dan sayuran

Jus buah adalah minuman yang tidak hanya segar tapi juga menyehatkan. Kita bisa membuat jus buah dari alpukat, mangga, atau lainnya. Sementara jus sayuran bisa dibuat dari tomat atau wortel yang bisa ditambahi perasan jeruk agar rasanya lebih enak.

Jus buah dan sayuran mampu meningkatkan antioksidan yang mendongkrak kekebalan, serta menjaga asupan cairan tubuh.

Sup ayam

Sup ayam tidak hanya enak dan menggugah selera, tapi juga bergizi. Berdasarkan penelitian, sup ayam mampu membantu memulihkan tubuh, serta memiliki kemampuan antiradang tingkat medium. Selain itu, sup ayam juga berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Bawang putih dan jahe

Bawang putih dan jahe bisa dimasukkan ke berbagai hidangan. Selain menambah rasa sedap, bawang putih juga memiliki kemampuan merangsang kekebalan tubuh, bersifat antimikroba, dan membantu memulihkan hidung tersumbat.

Sementara jahe bisa menjadi pilihan jika Anda merasa nyeri di perut campur mual. Sejumlah studi menyebutkan, jahe mampu membantu melawan peradangan. Jahe bisa dikonsumsi sebagai minuman segar, atau dicampur dengan makanan lain.

Teh panas

Teh panas adalah minuman yang mudah dibuat, murah, enak, serta segar dinikmati, bahkan membantu memulihkan tubuh.

Teh hijau, teh oolong, atau teh hitam mengandung antioksidan yang membantu melawan sejumlah penyakit. Menghirup uap dari teh panas tersebut bisa memulihkan hidung yang tersumbat. Sedangkan untuk meredakan sakit tenggorokan, bisa ditambahkan satu sendok madu dan jeruk lemon dalam secangkir teh.

Pisang

Pisang adalah buah terkenal, makanan yang banyak dikonsumsi aneka kalangan. Dalam hal kesehatan, pisang memiliki manfaat dalam meredakan gejala mual, muntah-muntah, dan diare, yang sering menyerang anak-anak saat terserang flu.

Pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang, menjadi bagian diet BRAT (bananas, rice, applesauce, toast), yaitu makanan pertama yang disarankan dokter kepada orang yang mengalami flu lambung, sampai si pasien siap mengonsumsi makanan padat.

Roti panggang

Roti panggang bisa membantu memulihkan tubuh yang terasa letih. Jika kesulitan mendapatkan roti panggang, bisa diganti dengan cracker. Keduanya merupakan makanan yang nyaman bagi mulut ataupun lambung ketika Anda sedang sakit. Menikmai roti panggang atau cracker bisa dipadu dengan sup ayam atau sejenisnya.