5 Etika dan Tips Penting Saat Mengemudi dalam Keadaan Macet


Satu hal yang tak bisa dihindari saat jam-jam sibuk yaitu kemacetan panjang di jalan. Saat berada di kemacetan, perilaku pengemudi yang tidak beretika akan menambah kesemerawutan. Lalu, apa yang harus dilakukan saat terjebak kemacetan?

1. Ramah Akselerasi

Bagi pengemudi bertransmisi otomatis, tekanlah pedal akselerator sehalus mungkin. Sebenarnya, untuk mobil dengan transmisi otomatis, saat gear di posisi 'D', mobil sudah bisa jalan dengan sendirinya. Menekan pedal akselerator berlebih berpotensi memboroskan bahan bakar.

2. Irit BBM

Jika harus berhenti di kemacetan, masukkan tuas perseneling ke 'N'. Gunanya, selain dapat menghemat bahan bakar, kita juga mengurangi keausan kampas rem dan cakram.

3. 'Hemat' Rem

Jangan terlalu sering memainkan pedal rem, karena justru akan menyilaukan pengemudi di belakang mobil Anda.

4. Hindari Rem Mendadak

Saat menekan rem, jangan dilakukan secara mendadak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengemudi di belakang Anda otomatis akan merespon secara mendadak pula, dan meningkatkan tekanan jantung si pengemudi.

5. Nyalakan Sein

Ketika ingin berpindah jalur saat macet, selain menyalakan sein, sebaiknya sambil melambaikan tangan atau acungan jempol. Sesuai adat ketimuran, cara ini dianggap lebih santun.