5 Cara agar Kebutuhan Sayur dan Buah untuk Anak Terpenuhi


Si kecil kurang suka sayuran dan buah? Tak usah cemas. Umumnya, anak lebih suka cokelat dibandingkan sayuran dan buah. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menyiasati agar si kecil mulai menyukai buah dan sayur.

Hidup sehat pada anak harus diperkenalkan sejak usia dini. Anak perlu kelengkapan nutrisi dari buah dan sayuran agar tumbuh kembangnya optimal. Untuk itulah anak-anak perlu mengonsumsi 5 porsi buah dan syuran segar setiap harinya. Cobalah lakukan cara ini, agar anak doyan buah dan sayur.

1. Mulai dengan jus

Berikan jus jeruk segar, jus melon, atau fruit milkshake bisa diberikan sebagai pengganti minuman cokelat. Saat bangun tidur anak akan merasa haus dan sangat mudah untuk meminum minuman sehat tersebut.

2. Yogurt dan buah

Untuk sarapan, selain roti bakar, pancake atau sereal dengan susu saja, tetapi Anda dapat juga memberikan yogurt dengan kismis, potongan apel atau buah lainnya. Lebih lengkap lagi jika ditambahkan dengan sereal.

3. Bekal sekolah

Untuk bekal makannya, berilah buah yang dipotong-potong agar mudah dimakan. Kalau bisa bentuk buah jadi potongan lucu, seperti apel berbentuk wajah badut atau potongan melon jadi bentuk lebah.

4. Camilan

Kue-kue manis dan cokelat merupakan sumber gula atau karbohidrat yang disukai anak-anak. Sebaiknya secara perlahan ganti dengan potongan buah segar. Bisa berbentuk koktail buah, sate buah atau buah yang digoreng tepung dan dibuat puding. Selain mudah dicerna, rasanya juga lebih enak.

5. Pencuci mulut

Jangan lupa untuk memberikan anak satu porsi buah setelah makan malam. Karena dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik. Berikan porsi secukupnya agar buah langsung habis untuk sekali makan.