5 Bahaya Kesehatan yang Bisa Terjadi, jika Sering Kurang Tidur


Lagu Begadang yang dinyanyikan Rhoma Irama ternyata ada benarnya. Begadang lebih banyak efek buruk ketimbang baiknya. Terutama efek pada kesehatan, begadang bagaikan momok yang membawa ancaman bahaya. Bahkan, pada beberapa kasus, sampai menyebabkan kematian.

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam di malam hari. Waktu tersebut dinilai efektif untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Sayangnya, tak banyak orang yang disiplin dan menaatinya. Terkait hal itu, berikut ini bahaya kesehatan yang patut diwaspadai, jika sering begadang.

1. Ancaman obesitas

Saat seseorang kurang tidur, obesitas sedang mengancam Anda. Tak heran kan jika Anda yang sudah mati-matian diet tapi berat badan tetap tanpa Anda tahu penyebabnya. Nah, salahkan jam tidur Anda yang kurang.

Para peneliti mengatakan, seperti dikutip dari huffingtonpost, bahwa saat seseorang kurang tidur, maka pikiran secara otomatis kelelahan dan memberikan sinyal palsu atas rasa lapar. Akibatnya, Anda akan makan dalam jumlah berlebihan di esok harinya, atau bahkan ngemil di malam hari.

2. Meningkatkan resiko diabetes

Dalam rangkaian penelitian, ditemukan bahwa ada hubungan antara peningkatan penyakit diabetes dengan kurang tidur. Bahkan, saat ini anak-anak remaja maupun mereka yang tak punya gen diabetes sudah terancam akan penyakit berbahaya ini.

3. Jadi pelupa

Sering letih dan pelupa, bukan karena penuaan dini lho, tetapi karena Anda kurang tidur. Semakin kurang jumlah jam tidur Anda, maka semakin sering pula Anda merasa lelah dan lupa.

4. Tulang keropos

Diduga, osteoporosis juga disebabkan oleh kurang tidur. Menurut penelitian, ada perubahan kepadatan tulang saat tubuh kurang tidur. Dan apabila hal ini berlanjut dalam waktu lama, maka osteoporosis bukanlah hal yang asing lagi bagi para pelaku begadang.

5. Meningkatkan risiko kanker

Anda mungkin tak memiliki keluarga dengan riwayat kanker, namun bukan berarti Anda bebas dari penyakit mematikan ini. Menurut penelitian 2010, sekitar 1.240 orang dinyatakan terkena kanker, dan 338-nya disebabkan kurangnya jam tidur (tidur kurang dari 6 jam sehari).

Untuk itu, para peneliti menganjurkan agar tidur dicukupi demi kesehatan. Singkirkan aneka gadget, matikan televisi, buku, dan lain sebagainya untuk mendapatkan tidur berkualitas dan cukup. Yuk mulai dari malam ini.