4 Serangga yang Dianggap Membawa Keberuntungan di Berbagai Negara


Mitos dan kepercayaan memang berlaku di berbagai belahan dunia. Dari satu negara ke negara lain, ada banyak kesamaan hal-hal yang mereka percaya. Termasuk kepercayaan pada apa saja yang membawa keberuntungan. 

Bahkan ada serangga-serangga yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan di berbagai tempat. Apa saja dan bagaimana bentuknya?

1. Jangkrik

Seekor jangkrik yang berada di sekitar rumah, dipercaya membawa keberuntungan dalam keluarga sejak ribuan tahun yang lalu. Keyakinan ini dimulai dari zaman prasejarah. Jangkrik yang berbunyi dianggap memberikan sinyal persahabatan.

Di China dan negara-negara Asia lainnya, jangkrik menjadi penanda. Jika akan terjadi bahaya, maka bunyinya akan berhenti. Sedangkan di Far East serta seluruh Eropa, membunuh jangkrik bisa mendapat kesialan, bahkan kecelakaan.

Hampir setiap suku di Amerika percaya bahwa jangkrik merupakan binatang pembawa keberuntungan. Mereka juga percaya bahwa menirukan suara jangkrik itu tidak sopan.

Gambar jangkrik juga kerap disimpan sebagai jimat. Maksud utamanya adalah untuk mengusir hal-hal jahat. Hal tersebut terdapat dalam budaya kuno Timur Tengah dan Eropa. 

2. Kepik

Binatang kecil ini dipercaya sebagai pertanda keberuntungan dan kemakmuran. Kepik juga dipercaya membebaskan Anda dari masalah yang datang setiap harinya.

Mengenakan jimat bergambar kepik atau mempunyai kepik di taman sekitar rumah, akan mencerahkan hari Anda.

Kepik dipercaya memberikan kesabaran pada Anda untuk menghadapi orang sekitar. Dan yang paling penting, hal tersebut juga mengurangi beban Anda.

Membunuh kepik dipercaya bakal mendatangkan sial. Namun, jika kepik datang pada Anda ketika Anda sakit, maka penyakit apapun yang diderita akan sembuh.

Banyak sekali hal-hal yang dipercaya tentang kepik. Jika ada kepik mendarat di tangan Anda dan kemudian terbang menjauh, itu berarti cuaca bakal baik pada minggu berikutnya.

Kepercayaan lain mengatakan bahwa jika kepik mendarat di tangan seorang wanita baru saja menikah, maka jumlah titik di punggungnya, adalah jumlah anak-anak dia akan memiliki.

Jumlah bintik-bintik pada Kepik juga dipercaya merupakan jumlah bulan yang bakal membawa kebahagiaan setelahnya. Ada kisah juga, jika menangkap kepik di rumah, kemudian menghitung jumlah bintik-bintiknya, itulah berapa banyak uang yang akan didapat.

3. Capung

Capung juga termasuk salah satu serangga yang dianggap membawa keberuntungan. Sebagai binatang yang terbang, dekat dengan angin, capung mewakili perubahan. Sedangkan sebagai binatang yang dekat dengan air, mereka mewakili alam bawah sadar.

Makna simbolik lain yang ada kaitannya dengan capung adalah kemakmuran, kekuatan, keberanian, kedamaian, harmoni, serta kemurnian.

4. Scarabs

Scarabs mengingatkan pada Mesir Kuno, ketika serangga ini dianggap pembawa keberuntungan. Mereka dijadikan simbol matahari terbit dan pelindung dari kejahatan. Selain itu, scarab juga merupakan simbol kelahiran kembali, regenerasi dan transformasi.