4 Makanan yang Bisa Mengganggu Kesuburan Pria dan Wanita


Tingkat kesuburan seseorang berkaitan dengan kemungkinannya untuk punya anak atau keturunan. Semakin tinggi tingkat kesuburan, semakin tinggi pula kemungkinannya untuk bereproduksi, dan begitu pula sebaliknya. Tinggi rendahnya tingkat kesuburan bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya makanan. Mengonsumsi makanan yang keliru bisa berdampak pada kesuburan Anda.

Untuk mengantisipasi hal itu, berikut ini makanan-makanan yang sebaiknya diwaspadai, karena dipercaya dapat mengganggu kesuburan Anda.

Daging merah

Ketika dikonsumsi, daging merah akan meningkatkan kadar amonia dalam tubuh. Bagi wanita, hal ini akan mengganggu implantasi telur dalam rahim. Sedangkan bagi pria, hal itu bisa meningkatkan keasaman dan mempengaruhi aktivitas sperma, karena sperma tampil lebih baik dalam kondisi alkali (bukan asam).

Gula rafinasi

Terlalu banyak mengonsumsi gula rafinasi dapat menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin dapat menyebabkan sindrom polikistik ovarium (PCOS), yaitu kondisi kelainan hormon yang mempengaruhi ovulasi atau pematangan sel telur, dan salah satu penyebab utama gangguan kesuburan wanita.

Ayam non-organik

Ayam jenis ini mengandung antibiotik dan hormon, dua zat yang dapat memiliki efek merugikan pada keseimbangan hormon dan kesehatan.

Alkohol

Penelitian di yang dilakukan Denmark menemukan bahwa asupan alkohol berdampak signifikan terhadap keberhasilan pembuahan pada wanita di atas usia 30 tahun. Artinya, wanita berusia di atas 30 tahun yang mengonsumsi alkohol bisa mengalami kesulitan pembuahan, yang berakibat sulitnya hamil.