4 Makanan Sehat yang Menunjang Kecerdasan Otak Anak


Kecerdasan seorang anak tidak hanya terkait dengan gen atau faktor keturunan. Ada banyak faktor lain yang ikut membentuk kecerdasan seorang anak. Pendidikan yang baik serta makanan yang tepat, misalnya, juga bisa ikut menunjang kecerdasannya. 

Karenanya, memberikan asupan makanan bergizi untuk anak tidak hanya akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, namun juga dapat membantu merangsang kecerdasaan otak anak Anda.

Menu makanan yang lengkap, seperti buah, sayuran, serta daging ikan, bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral utama yang dibutuhkan untuk kesehatan mental dan fisik anak. Berikut ini beberapa makanan yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak pada anak, yang bisa Anda berikan pada buah hati Anda.

Salmon

Ikan salmon telah dipercaya sejak lama sebagai sumber terbaik asam lemak omega-3 dan asam eikosapentanoat (EPA), yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. 

Para pakar kesehatan bahkan menunjukkan, bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam, dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

Sayuran berwarna

Sayur-sayuran mengandung banyak manfaat dalam menunjang kesehatan tubuh. Selain untuk mencegah kanker, sayuran berwarna seperti wortel, tomat, bayam, atau labu, juga merupakan sumber antioksidan yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan otak anak.

Telur

Telur memiliki rasa enak, serta mudah diolah. Banyak anak yang menyukai telur, dan Anda pun bisa memberikannya pada anak Anda karena mengandung protein yang sangat baik untuk menunjang kecerdasannya. 

Kuning telur bahkan terbukti mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan memori. Anda bisa membuat jenis variasi olahan telur untuk menambah selera makan anak anda.

Kacang-kacangan

Kacang merah mengandung protein, serat, vitamin, mineral, juga karbohidrat kompleks. Ketika dikonsumsi, zat-zat tersebut akan diolah menjadi energi dan sangat baik untuk menunjang aktivitas sel-sel otak serta tubuh anak. 

Berdasarkan penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak, dibanding jenis kacang lainnya.