4 Hal yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Kamar Tidur


Bagi sebagian besar orang, kamar tidur adalah tempat paling nyaman di rumah, karena kamar tidur adalah tempat istirahat. Kenyataannya, kamar tidur memang sebaiknya nyaman ditinggali, agar Anda juga bisa tidur dan beristirahat dengan baik dan tenang. Sayangnya, kenyamanan tempat tidur kadang menjadikan orang menggunakannya untuk hal lain.

Sebaiknya, gunakan kamar tidur hanya untuk tidur, agar tubuh Anda juga “memahami” hal tersebut. Artinya, saat Anda mulai masuk kamar tidur dan membaringkan diri di atas tempat tidur, tubuh akan menganggap hal tersebut sebagai isyarat untuk terlelap. Jika hal itu dilakukan secara teratur, Anda pun bisa menjauh dari masalah tidur. 

Sebaliknya, jika kamar tidur digunakan untuk berbagai keperluan lain selain tidur, tubuh Anda pun akan mengikuti kebiasaan itu. Saat Anda masuk kamar tidur, tubuh tidak lagi “peka”, karena bisa jadi Anda masuk kamar bukan untuk tidur melainkan untuk melakukan aktivitas lain. 

Menyangkut hal itu, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya tidak dimasukkan ke kamar tidur, agar tidak mengganggu waktu tidur dan istirahat Anda.

Pekerjaan

Tentu saja pekerjaan adalah hal penting. Namun, membawa berkas-berkas kerja, lalu sibuk bekerja dengan laptop di tempat tidur, bisa membuat tubuh Anda terbiasa dengan hal itu. Membawa urusan pekerjaan ke tempat tidur juga dapat mengganggu otak Anda untuk bisa tidur, karena otak akan terus terjaga ketika Anda tidur. 

Menurut Harvard Division of Sleep Medicine, sekitar 80 persen profesional muda di AS mengakui biasa bekerja di tempat tidur, dan mereka mengalami masalah tidur yang terganggu. Karena itu, jika Anda terpaksa membawa pekerjaan ke rumah, sebaiknya kerjakan atau selesaikan di luar kamar tidur. Begitu Anda masuk kamar, Anda hanya akan tidur.

Hewan peliharaan

Mungkin menyenangkan membawa hewan peliharaan ke tempat tidur, khususnya bagi yang tidur sendirian. Namun, hewan peliharaan cenderung suka diemong atau dimanja, dan hal itu bisa membutuhkan waktu cukup lama, yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda. 

Penelitian bahkan menemukan bahwa 30 persen pemilik hewan peliharaan yang berbagi tempat tidur mereka, menyatakan tidurnya terganggu setidaknya satu kali dalam semalam.

Selain itu, hewan juga membawa debu, serbuk sari, dan bulu dari siang hari yang mungkin menempatkan Anda pada risiko reaksi alergi.     

Makanan

Sarapan di tempat tidur mungkin terkesan eksklusif bagi kebanyakan orang. Tapi makanan yang terjatuh di tempat tidur bisa membuat tempat tidur tidak higienis. Sisa makanan dapat mendatangkan jamur, juga semut, ketika tidak langsung dibersihkan. 

Karenanya, jika Anda memang dalam keadaan sehat, dan bisa sarapan di tempat makan, sebaiknya hindari membawa makanan ke tempat tidur.

Alat elektronik

Televisi sering menjadi salah satu alat elektronik yang ada di kamar tidur. Sayangnya, televisi juga sering menjadi salah satu hal yang mengurangi tidur banyak orang. Berbagai siaran dan acara di televisi kerap membuat orang penasaran dan ingin terus menonton, hingga lupa tidur. Akibatnya, waktu tidur pun berkurang, atau kurang berkualitas.

Selain televisi, alat-alat elektronik lain semisal komputer, laptop, ponsel, dan semacamnya, sebaiknya tidak dimasukkan ke kamar tidur. Bagaimana pun, alat-alat itu tidak memiliki hubungan dengan tidur, bahkan lebih berkaitan dengan hal-hal yang mengharuskan Anda aktif. 

Keberadaan komputer dan laptop bisa membuat Anda terpikir pekerjaan, sementara ponsel bisa berdering sewaktu-waktu untuk membangunkan tidur Anda.