12 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Kita Awet Muda


Awet muda adalah memiliki kesehatan dan penampilan yang lebih muda dibanding usia sebenarnya. Biasanya, kita menyebut seseorang awet muda jika fisiknya masih bugar, tidak sakit-sakitan, kulit dan wajahnya masih bersinar, padahal usianya sudah tergolong tua. Bagaimana agar bisa awet muda seperti itu?

Selama ini kita diberitahu bahwa kunci untuk awet muda adalah menjaga kesehatan dengan baik yang salah satunya rajin berolahraga, istirahat yang cukup, melakukan perawatan tubuh, dan mengurangi stres atau beban pikiran. Namun, yang tak kalah penting dari semua itu adalah menjaga makanan yang kita konsumsi.

Menjaga perut kita sama pentingnya dengan menjaga penampilan luar. Jika perut kita tidak mengalami masalah, penampilan luar dan kesehatan umum akan lebih terjaga. Sebaliknya, menjaga penampilan luar semata namun mengabaikan yang masuk ke perut kita bisa jadi akan menimbulkan masalah—penampilan tampak baik, tapi sakit menggerogoti dari dalam.

Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sangat penting bagi kesehatan tubuh, ada pula makanan-makanan yang bisa membantu meremajakan kulit, sehingga kulit akan tetap bercahaya lebih lama. 

Nicholas Perricone, ahli kulit dan penulis buku-buku kesehatan serta kecantikan, mengatakan bahwa efek makanan terhadap kesehatan kulit jauh lebih baik daripada efek suplemen. “Masih banyak faktor yang belum terungkap dari makanan,” ujarnya, “sehingga efeknya terhadap tubuh mungkin jauh lebih baik daripada suplemen.”

Berikut ini makanan-makanan yang bisa membuat kita awet muda—lebih bugar, lebih sehat, dan kulit lebih bercahaya.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dipercaya bisa membantu menjauhkan kita dari penyakit jantung dan kanker. Namun manfaatnya bukan cuma itu, karena kandungan polifenol dalam minyak zaitun merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan.

Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium tinggi yang dapat mencegah osteoporosis, dan mengandung bakteri-bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan, dan mengurangi munculnya penyakit yang berhubungan dengan faktor usia.

Ikan

Ikan merupakan sumber utama lemak omega-3, yang dapat mencegah penumpukan kolesterol pada arteri, dan melindungi kita dari masalah jantung.

Cokelat

Kakao, yang menjadi bahan dasar cokelat, mengandung flavanoid yang membantu menjaga kesehatan fungsi pembuluh darah. Zat tersebut juga membantu meremajakan pembuluh darah, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe-2, sakit ginjal, dan kegilaan.

Kacang

Kacang mengandung sumber lemak tak jenuh, yang memiliki manfaat sama dengan minyak zaitun. Kacang juga mengandung banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan lainnya.

Wine

Wine dipercaya bisa melindungi diri dari gangguan jantung, diabetes, dan kehilangan ingatan akibat usia. Anggur merah (red wine) dapat mengaktifkan gen yang memperlambat penuaan sel.

Bluberi

Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa bluberi dapat memperpanjang umur. Komposisi yang terkandung dalam bluberi bisa mengurangi peradangan dan bahaya oksidatif, yang berkaitan dengan kemunduran ingatan dan fungsi motorik sehubungan dengan bertambahnya usia.

Salmon 

Salmon mengandung pigmen astaksantin, yang mampu memerangi radikal bebas yang merusak membran sel dan DNA dan menyebabkan penuaan kulit. Studi menemukan, mengonsumsi satu sajian salmon setiap lima hari dapat mencegah keratosis aktinik, yaitu penyakit kulit yang ditandai bintik-bintik kecil, kasar, dan bersisik menonjol. 

Jeruk 

Kandungan vitamin C dalam jeruk berfungsi membentuk kolagen, yaitu komponen vital agar kulit tampak lebih muda. Jeruk juga mengandung bioflavonoid yang menjaga kulit dari sinar UV, dan membantu mencegah kematian sel. 

Ubi 

Warna oranye yang terdapat pada ubi berasal dari betakaroten, yaitu senyawa yang mampu menjaga kesimbangan pH kulit. Betakaroten juga dapat membantu melawan kulit kering, dan mempercepat regenerasi kulit. Keduanya menghasilkan kulit yang lebih lembut dan tampak muda. 
Tomat 

Pigmen merah pada tomat merupakan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Agar tubuh mampu menyerap zat baik dalam tomat tersebut, maka tomat sebaiknya dimasak sebentar dan disajikan dengan minyak zaitun. 

Sayur-sayuran hijau 

Bayam, kangkung, dan sayuran hijau lain, mengandung lutein yang melindungi kulit dari peradangan dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari.