10 Makanan Sehat yang Membantu Tubuh Melakukan Detoksifikasi


Polusi udara, asap kendaraan, debu-debu di jalanan, air yang tercemar, dan bentuk-bentuk polusi lainnya, adalah berbagai penyebab masuknya racun atau zat-zat berbahaya ke dalam tubuh kita. 

Di luar itu, kita juga kadang mengonsumsi pil atau obat-obatan yang mengandung bahan kimia, yang kemudian tertimbun di dalam tubuh. Meski mungkin tidak disadari, semua itu akan berpengaruh di dalam tubuh kita.

Kesehatan tidak hanya ditunjang oleh makanan yang baik dan sehat, namun juga oleh tubuh yang sama baik dan sehat. Artinya, selain perlu mengonsumsi makanan sehat, kita juga perlu memastikan tubuh kita juga sehat. Karena makanan sehat saja tidak cukup jika kenyataannya tubuh kita tidak sehat, akibat banyaknya racun atau zat-zat berbahaya di dalamnya.

Racun atau zat-zat berbahaya di dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui proses detoksifikasi. Detoksifikasi bisa mencegah penyakit, mengistirahatkan organ tubuh, membersihkan jerawat, meningkatkan fleksibilitas tubuh, meningkatkan fertilitas (kesuburan), membersihkan bagian dalam tubuh, hingga memperlambat proses penuaan. 

Proses itu bisa dibantu dengan makanan-makanan yang tepat, dan berikut ini adalah beberapa makanan yang membantu membersihkan racun-racun dari dalam tubuh. 

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Ketika kita mengonsumsi alpukat, zat-zat baik dalam buah itu akan membantu mengangkut racun dan bahan kimia dari dalam tubuh kita.  

Cranberrie

Buah beri satu ini telah dikenal mampu mencegah infeksi saluran kemih. Selain itu, cranberrie juga mampu membuang racun dalam tubuh.

Kubis

Kubis mengandung sulfur yang bisa menyingkirkan racun pestisida yang ada dalam tubuh, akibat konsumsi makanan dan buah-buahan.

Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan dalam lemon bisa melindungi hati, dan menyingkirkan bahan kimia dari dalam tubuh.

Brokoli

Brokoli juga mengandung antioksidan dan nutrisi yang dapat membersihkan racun dalam tubuh. Selain itu, brokoli juga membantu sistem pencernaan agar lebih efektif dan efisien.

Bawang putih

Memakan bawang putih secara teratur sama artinya membersihkan kotoran dan racun dalam tubuh. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antibiotik, sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit dalam tubuh. 

Bit

Buah bit bisa dimakan dalam keadaan mentah, atau dimasak terlebih dulu. Buah ini mengandung betaine dan pektin, dua zat yang melindungi hati dan sistem pencernaan, serta membersihkan tubuh dari racun.

Anggur

Anggur mengandung gula alami dan kalori yang sangat bagus untuk diet. Ketika dikonsumsi, anggur akan membantu membersihkan sistem pencernaan, dan dapat mencegah berkembangnya batu ginjal di dalam tubuh. 

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari dianggap sebagai makanan terbaik untuk camilan, karena mampu menyingkirkan racun-racun berbahaya yang ada di dalam tubuh kita, sekaligus mampu membantu mencegah kolesterol.

Kacang-kacangan

Tak jauh beda dengan biji bunga matahari, kacang-kacangan mampu menurunkan kolesterol dan membantu keseimbangan gula darah dalam tubuh, selain juga membantu pencernaan untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh.