10 Bekas Bersejarah Peninggalan Perang Dunia yang Kini Terlupakan


Perang Dunia adalah perang besar yang pernah terjadi di muka bumi, melibatkan banyak negara dari Asia hingga Eropa. Selama perang berkecamuk, ada berbagai hal yang ikut terjadi di berbagai belahan dunia, dari kota-kota yang ditinggalkan penduduknya, sampai benteng-benteng yang dibangun untuk menghalau musuh.

Ketika kemudian perang berakhir, hal-hal yang pernah terjadi di masa itu pun menjadi semacam bekas bersejarah. Berikut ini adalah sepuluh bekas bersejarah dari Perang Dunia, namun kini terlupakan.

1. Pangkalan Kapal Selam, Ukraina

Di sebuah teluk di pantai utara Laut Hitam, tentara Soviet membangun pangkalan kapal selam pada masa perang dingin. Saat ini, pangkalan yang telah lama ditinggalkan itu sering dieksplorasi oleh turis luar maupun penduduk lokal. 

Terowongan ini dibangun untuk melancarkan misi bawah laut tentara Soviet. Terowongan ini juga mencapai jauh ke dalam gunung, dan memberikan banyak ruang untuk banyak kapal selam, sampai akhir perang dingin.

2. Reruntuhan Industri Kota Detroit

Di Amerika Serikat, beberapa kota telah merasakan pembakaran perkotaan lebih dari Detroit. Untuk itu dua orang fotografer (Yves Marchand dan Romain Meffre) mengabadikan bangunan-bangunan bekas kebakaran. 

Mereka lalu menerbitkan kumpulan foto yang diberi nama The Ruins of Detroit. Ini merupakan sisa-sisa reruntuhan kejayaan industri kota Detroit pada masa lalu.

3. Rumah Sakit Militer Beelitz di Berlin

Sangat jarang reruntuhan seperti ini terlihat begitu anggun tanpa adanya tanda-tanda kekerasan. Rumah Sakit Militer Beelitz di Berlin berada dalam kondisi bagus untuk dikatakan sebagai reruntuhan di balik sejarahnya.

4. Hall Stasiun kereta api NYC 

Di bawah kesibukan jalan-jalan kota New York, terdapat sebuah bangunan sempurna yang masih lekat dengan sejarah transportasi antar kota di sana. Hall Stasiun ini pertama kali dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu, dan menjadi bagian dari jaringan transportasi awal bawah tanah NYC.

5. Hotel Ryugyung, Pyongyang - Korea Utara

Hotel Ryugyung di Pyongyang Korut merupakan salah satu kegagalan arsitektur terbesar pada abad ke-20. Konstruksi bangunan ini dihentikan pada tahun 1992, dan bangunan ini dibiarkan kosong terbengkalai selama 16 tahun. Pada 2008, pembangunan bangunan ini dilanjutkan kembali.

6. Prypat-Ukraina

Sulit menemukan perkembangan kebangkitan dan jatuhnya persatuan Uni Soviet, dan Pripyat dengan gamblang menyajikannya dalam reruntuhan-reruntuhan yang indah. Penduduk Prpypat tumbuh dari 0 menjadi 50.000, dan kembali ke 0 karena bencana nuklir terbesar sepanjang sejarah.

7. Reruntuhan Beach Resort City, Varosha, Siprus

Beberapa dekade yang lalu, Varosha di pulau Siprus adalah tujuan wisata terkemuka di Mediterania Timur. Pada tahun 1974, terjadi intervensi di Siprus oleh Turki, membawa daerah itu menjadi kekuasaan Turki. Pemerintahan Turki pada masa itu melarang resort-resort di sana untuk beroprasi lagi.

8. Reruntuhan Water Park, Rusia 

Sebuah taman air besar dalam ruangan direncanakan untuk dibangun bagi anak-anak Rusia. Namun sebelum taman ini selesai, pengembang taman pergi, dan sampai saat ini para pengembang tidak melanjutkan taman air ini.

9. Katedral Gary, Indiana

Seperti halnya Detroit, Gary Indiana telah terpukul oleh jatuhnya revolusi industri pada masa itu. Jatuhnya revolusi itu membuat banyak bangunan ditinggalkan, termasuk katedral yang berdiri megah di sana.

10. Benteng Laut Kerajaan Inggris

Selama perang dunia II, Angkatan Laut Kerajaan Inggris membangun serangkaian benteng laut untuk berada pada garis pertahanan awal bagi serangan udara dan invasi laut musuh. HIngga saat ini, benteng itu masih berdiri kokoh di atas Laut Utara Inggris.