Wow, Orang Ini Membangun Candi dengan 1,5 Juta Botol Bekas

Share:

Di Thailand bagian timur, ada sebuah daerah yang bernama Wat Pa Maha Chedi Kaew. Daerah ini menjadi terkenal karena adanya bangunan candi yang kesemua bagian bangunannya terbuat dari botol-botol bekas. 

Candi yang dapat Anda lihat di dalam foto di atas dikenal dengan sebutan Wat Lan Kuad atau Candi Jutaan Botol. Candi unik ini dibangun oleh para biksu, dan mereka membangun berbagai sarana candi, dari ruang krematorium sampai toilet, dari botol-botol bekas.

Bukan hanya itu saja, para biksu tersebut juga memanfaatkan tutup-tutup botol sebagai sarana membuat aneka macam hiasan, yang memperindah sekitar bangunan candi tersebut.

Ide membangun komplek candi yang kesemuanya dibangun dari botol itu telah dimulai semenjak tahun 1984, dan sejak tahun itu pula para biksu sudah mulai mengumpulkan botol-botol bekas. Sekarang, candi tersebut telah berdiri dengan megah, dan bangunannya terdiri atas 1,5 juta buah botol.

Tetapi rupanya para biksu yang hebat itu masih belum puas. Mereka masih berupaya mengumpulkan lebih banyak botol lagi. Abbot San Kataboonya, salah satu biksu kreatif itu, menyatakan, “Semakin banyak botol yang kami dapat, semakin banyak bangungan candi yang bisa kami buat.”

Wilayah tempat candi itu dibangun kini telah menjadi tujuan pariwisata, dan candi unik itu selalu mampu menarik perhatian para turis. Anda juga ingin menyaksikannya?