Untuk Wanita, Ini Tips Mengetahui Masa Subur Anda

Share:

Salah satu upaya untuk bisa cepat hamil adalah melakukan hubungan seks pada masa subur. Karenanya, mengetahui kapan masa subur Anda menjadi penting jika Anda dan pasangan menginginkan segera memiliki momongan. 

Banyak wanita yang menghitung masa suburnya dengan menggunakan hitungan kalender. Namun, selain cara tersebut, ada beberapa cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui kapan masa subur Anda. Berikut ini tipsnya. 

Mengecek periode menstruasi

Seperti yang telah dinyatakan di atas, ini merupakan cara yang banyak dipakai untuk mengetahui masa subur, namun cara ini hanya akurat apabila digunakan wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur. 

Umumnya, rata-rata masa subur seorang wanita adalah 14 hari sebelum masa menstruasi periode yang akan datang. Apabila siklus menstruasi Anda teratur, Anda bisa menggunakan kalender untuk melakukan perhitungan masa subur Anda.

Memeriksa cairan vagina

Pada masa subur, cairan vagina akan terasa lebih encer jika dibandingkan pada hari biasa (bukan di masa subur). Apabila dilihat, cairan vagina pada masa subur akan tampak seperti putih telur mentah. 

Untuk memeriksanya, masukkan jari telunjuk ke vagina hingga menyentuh serviks dan jari terbasahi cairan vagina, lalu keluarkan cairan dari vagina dengan bantuan ibu jari. Tariklah cairan secara perlahan sampai terputus. Apabila cairan tersebut baru terputus setelah sepanjang 10 centimeter, maka Anda dalam masa subur.

Mengecek suhu tubuh

Pada waktu di masa subur, suhu tubuh wanita akan lebih tinggi dibanding hari-hari lainnya. Apabila Anda ingin menggunakan cara ini, Anda harus mulai rutin mengecek suhu tubuh Anda setiap bangun tidur, sehingga Anda akan mengetahui kapan suhu tubuh Anda lebih tinggi dibanding biasanya. 

Selain itu, pastikan Anda sedang dalam keadaan sehat, sehingga suhu tubuh Anda yang naik tersebut bukan karena Anda sedang demam atau semacamnya.

Menggunakan alat tes

Ini merupakan cara yang mudah dan praktis dalam upaya mengetahui masa subur, yaitu dengan menggunakan alat tes untuk mengecek kesuburan. Alat ini dapat dibeli di apotik, dan cara kerja alat ini adalah dengan mengukur kadar LH urine Anda. Apabila alat tes tersebut menunjukkan bahwa kadar LH dalam urine meningkat, maka itu pertanda Anda sedang dalam masa subur.

Manfaatkan kalkulator kesuburan

Kalau Anda suka berselancar di dunia maya internet, Anda dapat memanfaatkan kalkulator kesuburan yang banyak disediakan di situs-situs khusus untuk ibu hamil atau pasangan suami istri. 

Dengan fitur kalkulator kesuburan ini, Anda akan bisa mengecek atau menghitung masa subur Anda dengan cara memasukkan data atas hari pertama menstruasi terakhir serta masa siklus menstruasi Anda, ke dalam kolom yang disediakan, dan kemudian kalkulator tersebut akan memberikan hasil perkiraannya atas masa subur Anda.