Untuk Ibu Hamil: Tips Mencegah Sakit Kaki Selama Masa Kehamilan


Pada waktu hamil, bukan hanya perut saja yang membesar, tetapi kaki pun terkadang ikut membesar. Pembesaran kaki pada ibu hamil bisa setengah atau satu kali dari ukuran semula. 

Bertambahnya berat badan akibat kehamilan ikut mempengaruhi gravitasi dan keseimbangan si ibu hamil, mengubah postur berdirinya, juga menambah tekanan pada lutut dan telapak kaki.

Seiring dengan makin besarnya tubuh ibu hamil, maka langkah kaki pada waktu berjalan pun bisa menyebabkan terjadinya penurunan lekukan kaki, atau yang biasa disebut flat feet. 

Apabila kondisi ini terus berlangsung dalam waktu lama, maka dapat menimbulkan rasa nyeri pada pinggang. Apabila tidak ditangani segera, maka flat feet bisa semakin parah, dan menyebabkan rasa sakit pada tumit.

Karena itulah, merawat dan menjaga kaki selama kehamilan menjadi penting, untuk mencegah sakit pada kaki. Memilih sepatu atau alas kaki yang memiliki cukup ruang untuk jari-jari agar mudah bergerak, dapat membantu mencegah rasa sakit tersebut. 

Selain itu, wanita hamil juga disarankan untuk memakai sepatu atletik atau sepatu jogging (sebagai pengganti sepatu biasa) dengan ruang yang cukup di daerah jempol kaki, serta memakai stoking penyangga untuk mengurangi bengkak pada kaki.

Apabila terjadi pembengkakan pada kaki Anda yang biasanya juga menyebabkan rasa nyeri, tentu saja dibutuhkan perawatan khusus. Selain itu, berikut ini adalah tip yang dapat digunakan untuk mengurangi bengkak pada kaki selama masa hamil:
  • Hindari duduk dengan kaki bersila atau dilipat di atas kursi dalam waktu yang lama, tanpa berdiri dan berjalan sesekali. 
  • Kenakanlah kaos kaki tipis atau stoking yang tidak mengganggu jalannya sirkulasi darah.
  • Jagalah pola makan seimbang, dan hindari konsumsi sodium untuk mencegah menurunnya cairan pada tubuh.
  •     
Selain hal-hal tersebut, berikut ini beberapa tip yang dapat Anda gunakan untuk memilih sepatu untuk masa kehamilan Anda. Tip berikut ini tentunya lebih ditujukan bagi para wanita yang setiap hari harus mengenakan sepatu untuk keperluan pergi ke kantor, meski Anda yang bukan wanita karier tetap dapat menggunakan tip ini jika diperlukan:
  • Lakukan pengukuran ulang pada kaki Anda, agar dapat memperoleh ukuran terbaru seiring dengan makin membesarnya kaki Anda.
  • Hindari memakai sepatu dengan hak, carilah sepatu yang nyaman dengan ruang yang cukup di bagian jempol kaki.
  • Belilah sepatu di waktu sore atau malam hari, atau setelah Anda habis berjalan jauh. Hal ini untuk memastikan ukuran yang pas dimana saat itu kaki Anda sedang dalam keadaan bengkak atau membesar.
  • Hindari membeli sepatu dengan ujung runcing, yang bisa membuat otot kaki Anda tertekuk.