Tips untuk Wanita: Mengenal Jenis dan Fungsi Sisir untuk Merapikan Rambut


Ada banyak ragam bentuk sisir, dan bentuk-bentuk yang berbeda itu pun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Karenanya, menyisir rambut bukanlah sekadar meratakan rambut atau sekadar mengurangi bagian yang kusut. Dengan teknik khusus, kita dapat menyisir rambut sehingga terlihat anggun dan menawan. Begitu pula sebaliknya.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan menyangkut hal ini? Salah satu hal yang terpenting adalah mengenali jenis dan fungsi sisir. Berikut ini uraiannya.

Sisir Sasak

Memiliki fungsi untuk menyasak rambut ketika Anda ingin mengenakan sanggul atau semacamnya. Sisir jenis ini memiliki tiga ukuran, yaitu besar untuk rambut yang panjang dan tebal, kecil untuk rambut tipis dan pendek, dan sisir sasak berbulu untuk merapikan hasil sasakan.

Sisir Blow

Berfungsi untuk membuat rambut jadi mengembang. Sisir ini juga memiliki beberapa macam jenis. Pertama adalah Thermal Radial Brush, untuk membuat rambut mengembang atau bervolume. Kedua adalah Large Barelled Brush, untuk merapikan rambut ikal dan keriting, sehingga rambut tampak alami. 

Ketiga adalah Small Brush, untuk merapikan poni atau mem-blow rambut pendek. Keempat adalah Round, untuk membuat rambut tampak halus dan mengkilap, atau untuk memberi volume dan mempermudah penataan rambut yang lurus.

Sisir Bergerigi

Ini jenis sisir yang banyak digunakan orang. Meski Anda mungkin sudah biasa menggunakan sisir jenis ini, namun sisir ini juga memiliki subjenis yang macam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda. 

Sisir bergerigi besar ditujukan untuk menyisir rambut keriting pendek atau panjang, apabila selesai mencuci rambut. Sedang sisir bergerigi sedang berfungsi untuk menyisir rambut lurus panjang atau pendek, agar tidak kusut apabila selesai mencuci rambut.

Sisir Garpu

Sisir jenis ini sangat cocok untuk rambut ikal atau keriting. Karena memiliki susunan gerigi yang jarang dan kuat, sisir ini juga sangat mudah untuk merapikan atau memisahkan bagian yang ikal pada rambut keriting.

Vent Brush

Sisir jenis ini memiliki ciri lubang udara yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara pada waktu Anda mengeringkan rambut dengan blow dry. Penggunaan sisir ini ditujukan untuk membuat rambut cepat kering dan rapi.

Padle Brush

Sisir jenis ini dilengkapi dengan bantalan karet yang memudahkan Anda pada waktu menyisir, sehingga helai per helai rambut bisa Anda rapikan dari bagian akar sampai bagian ujung rambut.