Tips Seputar Vitamin untuk Menunjang Kesehatan Ibu Hamil

Share:

Menjalani diet yang seimbang serta mengkonsumsi vitamin yang kaya manfaat adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk menjadi sehat. Hal ini menjadi lebih penting lagi pada waktu kehamilan, karena ibu hamil harus memperoleh asupan mineral dan vitamin yang baik untuk perkembangan janinnya. 

Konsumsi vitamin yang tepat pada ibu hamil akan mengurangi risiko terjadinya komplikasi, dan cacat lahir.

Berikut ini adalah beberapa vitamin yang bisa dikonsumsi ibu hamil.

Vitamin B12

Pada trimester kedua kehamilan, vitamin B12 sering dijadikan sebagai vitamin tambahan yang diperlukan. Pada masa ini, janin membutuhkan sekitar 0,2 mg vitamin B12 setiap harinya. Vitamin B12 dapat diperoleh dari daging domba, mackerel, susu, keju, dan tahu. 

Vitamin C

Vitamin C sangat dibutuhkan selama menjalani kehamilan, karenanya ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi 5 miligram suplemen dan 25 miligram vitamin C per hari. Brokoli, lobak, pepaya, kembang kol, dan selada air, adalah beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C.

Vitamin D

Selama kehamilan, tubuh wanita akan semakin membutuhkan vitamin D. Karenanya, wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi vitamin ini. Vitamin D bisa diperoleh dari susu dan jenis makanan laut.

Vitamin K

Jika Anda mengalami mual dan muntah selama kehamilan, bisa jadi Anda kekurangan vitamin K. Sumber terbaik dari vitamin K berasal dari bayam, tomat, kuning telur dan stroberi. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa mengkonsumsi vitamin C bersamaan dengan vitamin K.

Catatan:

Meski ibu hamil sangat membutuhkan vitamin—khususnya sebagaimana yang diuraikan di atas—namun terlalu banyak mengkonsumsi vitamin selama kehamilan juga tidak baik, karena dapat menjadi racun bagi janin dalam kandungan, bahkan bisa menyebabkan cacat pada bayi. 

Karenanya, sangat disarankan agar ibu hamil mengkonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter, untuk memastikan kadar kecukupan atau jumlah vitamin dan suplemen yang perlu dikonsumsi selama kehamilan.