Tips Menyiasati Kegerahan Selama Masa Kehamilan

Share:

Karena adanya perubahan hormon, serta beban tubuh yang semakin berat, ibu hamil pun sering kali mengalami kegerahan atau merasa panas, serta terus mengeluarkan keringat pada waktu udara panas. Meski hal ini mungkin terdengar “ringan”, tetapi ibu hamil yang merasakannya biasanya cukup tersiksa. 

Nah, jika Anda kebetulan juga mengalami kegerahan semacam itu saat hamil, Anda bisa menggunakan tip berikut untuk mengatasinya. 

Perbanyak minum

Karena keringat yang terus-menerus dikeluarkan, maka tubuh pun akan mengalami kebutuhan air sebagai pengganti air yang dikeluarkan dalam bentuk keringat. Karenanya, perbanyaklah minum air putih. Dengan banyak meminum air putih, Anda tidak hanya akan merasa lebih segar dari kegerahan, namun Anda juga akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Dalam hal ini, yang juga tidak kalah penting diingat adalah, upayakan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Selama kehamilan, dehidrasi sering dikaitkan dengan kelahiran prematur. Karenanya, memperbanyak minum untuk mengatasi kegerahan bisa memberikan manfaat yang tidak sedikit.

Makanlah sedikit demi sedikit

Makan dalam jumlah banyak, apalagi jenis makanan berat, akan membuat tubuh Anda bekerja keras, yang dampaknya menjadikan Anda tidak nyaman. Makan dalam jumlah banyak sekaligus selama kehamilan akan meningkatkan metabolisme, dan menyebabkan Anda lebih mudah mengalami kegerahan. 

Karenanya, untuk menghindarkan rasa kegerahan setelah makan, Anda bisa menyiasatinya dengan cara makan sedikit demi sedikit, tetapi beberapa kali. Makan dengan cara “mencicil” seperti ini akan terasa lebih baik bagi tubuh dibanding kalau makan sekaligus dalam jumlah banyak.

Pakailah baju yang longgar

Apabila Anda hanya akan di rumah dan tidak punya acara keluar, kenakan saja baju yang longgar, yang nyaman dipakai. Pilihlah baju yang memiliki warna cerah, dan hindari warna gelap, karena warna gelap akan menyerap panas.

Manjakan diri sendiri

Masa kehamilan adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri sendiri. Karenanya, jika memungkinkan, nikmatilah masa kehamilan dengan perasaan santai. Saat rasa gerah muncul, tinggalkan saja aktivitas yang masih dikerjakan, lalu masuklah ke kamar dan berbaring-baringlah di atas tempat tidur dengan tanpa baju untuk mengurangi rasa gerah. 

Kalau perlu, setel musik kesayangan Anda, dan nikmati. Satu jam berbaring santai dengan rileks seperti itu dapat mengusir rasa gerah yang datang, dan setelah itu Anda bisa melanjutkan aktivitas.

Atau, jika di rumah ada bathtub, Anda bisa mengisinya dengan air hangat dan beberapa tetes minyak esensial yang Anda sukai, lalu berendam di dalamnya. Saat Anda keluar dari bathtub nantinya, rasa gerah sudah menghilang dan berganti dengan perasaan segar.

Nikmati makan di luar

Rasa gerah sering muncul karena aktivias atau kesibukan, khususnya kesibukan di dapur. Rumah yang belum dilengkapi dengan AC juga akan mudah membuat gerah, khususnya ketika cuaca panas. Karenanya, apabila rasa gerah sudah sedemikian berat dirasakan, Anda bisa makan di luar sesekali, agar Anda tidak perlu sibuk di dapur. 

Menikmati makan di restoran, khususnya yang dilengkapi pendingin ruangan, akan membuat Anda merasa nyaman karena rasa gerah akan menghilang. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot membersihkan peralatan makan.

Nikmati pendingin alami

Jika Anda ingin merasakan kesejukan AC namun rumah Anda belum dilengkapi mesin pendingin ruangan tersebut, Anda bisa membuat AC alami. Caranya mudah. Siapkan baskom yang bersih, masukkan es batu ke dalamnya, lalu tempatkan di depan kipas angin. Nyalakan kipas angin tersebut dengan ukuran sesuai selera Anda, dan duduklah di dekatnya. Anda akan merasakan kesejukan yang alami.