Tips Menjalin Komunikasi di Dunia Kerja, agar Karier Makin Cemerlang

Share:

Saat terjun ke dunia kerja, tak hanya kecerdasan saja yang diperlukan. Kemampuan berkomunikasi juga menjadi faktor penting. Sejak awal melangkah, Anda sudah dihadapkan dengan sejumlah wawancara yang memerlukan kelihaian dalam berkomunikasi.

Lain bidang kerja, lain juga bentuk komunikasinya. Beberapa bentuk komunikasi yang ada di dunia kerja terkini dipaparkan oleh konsultan karir ternama, Shaheen Darr. Berikut uraiannya.

1. Komunikasi Langsung

Jika Anda bergerak di bidang penjualan dan pemasaran, bentuk komunikasi yang paling sering digunakan adalah face-to-face communication, atau komunikasi secara langsung. Anda harus bisa melakukan pendekatan persuasif dengan calon pembeli. Menjelaskan produk yang dijual dan meyakinkan kepada klien tentang kelebihan-kelebihan produk tersebut.

Tips: Untuk melancarkan komunikasi, pelajari benar produk yang akan dipasarkan hingga detilnya. Sehingga saat calon pembeli mengajukan banyak pertanyaan, Anda bisa meyakinkannya.

2. Komunikasi Lewat Tulisan

Semakin maju teknologi membuat seseorang tak perlu lagi melakukan suatu kerjasama kerja secara langsung. Seringkali, kesepakatan terjalin hanya lewat e-mail ataupun fax. Sehingga komunikasi lewat tulisan pun sama pentingnya.

Tips: Banyak-banyak membaca contoh-contoh perjanjian kerja, surat resmi dll. Hal itu akan membuat Anda semakin mahir membuat surat-surat resmi.

3. Komunikasi di antara rekan kerja

Komunikasi non formal dengan sesama rekan kerja juga harus dijaga, Jangan sampai gara gara komunikasi yang tidak lancar, terjadi kesalahpahaman antar rekan sekerja. Hal itu akan membuat produktivitas perusahaan menjadi turun.

Tips: Tak ada salahnya untuk menyediakan waktu sepulang kerja atau saat libur akhir pekan untuk hangout atau sekedar kumpul bersama dengan rekan kerja. Kegiatan ini akan membuat ikatan Anda dan mereka semakin kuat, sehingga komunikasi menjadi lebih baik. Kerjasama Anda dan mereka pun semakin lancar.