Tips Kehamilan: Ini 5 Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Share:

Pada waktu hamil, makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan ikut diserap oleh janin dalam kandungan. Karenanya, ibu hamil perlu menjaga makanannya. Tidak hanya perlu memilih makanan-makanan yang baik untuk diri dan calon bayinya, namun juga perlu mengindari makanan-makanan yang tidak baik bagi diri dan calon bayinya.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dijauhi ibu hamil, agar kesehatan dan kandungannya selalu baik dan sehat.

Daging setengah matang

Daging steak atau unggas yang dimasak setengah matang berisiko tinggi terkontaminasi bakteri, seperti coliform, toksoplasmosis dan Salmonella, yang bisa berpengaruh ke janin. 

Karenanya, jika ibu hamil ingin menikmati daging, sebaiknya masaklah hingga benar-benar matang, agar bakteri di dalamnya benar-benar mati. Selain itu, hati ternak juga tidak aman dikonsumsi selama kehamilan, sehingga juga perlu dijauhi.

Produk susu yang tidak dipasteurisasi

Susu yang tidak dipasteurisasi, dan semua produk yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, harus dihindari selama kehamilan. Hal itu karena produk semacam itu mengandung jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Selain itu, keju juga harus dihindari selama hamil, karena membawa bakteri Listeria yang dapat menyebabkan keguguran.

Telur mentah dan setengah matang

Ibu hamil membutuhkan protein dari telur. Namun, sebaiknya hindari telur mentah atau yang dimasak setengah matang selama hamil. Telur mentah dan setengah matang mengandung bakteri yang dapat membahayakan tubuh. Selain itu, ibu hamil juga harus menghindari saus mayones, karena mengandung telur mentah.

Kafein

Konsumsi kafein selama kehamilan telah menjadi perdebatan banyak pihak. Sebagian peneliti menyatakan bahwa asupan kafein dalam jumlah sedang tidak akan bermasalah bagi ibu hamil, sementara sebagian peneliti yang lain menyatakan konsumsi kafein dapat menyebabkan keguguran. 

Terlepas dari hal itu, kafein bisa menghilangkan cairan dan kalsium dari tubuh. Karenanya, agar lebih aman, sebaiknya hindari kopi/kafein, dan pilihlah jus segar atau air mineral.

Alkohol

Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil sangat disarankan untuk menghindari minuman beralkohol sepenuhnya. Alkohol sangat berbahaya untuk kesehatan janin, dan dapat menyebabkan keguguran.